Disdik Mentawai bersama Lantamal II Padang Gelar Lomba Cerdas Cermat, Diikuti 54 Orang Pelajar

Sabtu, 30 September 2023, 08:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Disdik Mentawai bersama Lantamal II Padang Gelar Lomba Cerdas Cermat, Diikuti 54 Orang...
Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simajuntak bersama Danlantamal II Padang, Laksma TNI Dafit Santoso, Forkopimda dan sejumlah pejabat utama Lantamal II lainnya, saat pembukaan Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP, Jumat. (daniwarti)

"Kita akan cek kembali, sejauh mana persiapan yang telah dilakukan oleh panitia terutama soal kebersihan toilet ini," ungkap Fernando.

Fernando menyayangkan, jika fasilitas pendukung iven tahunan Mentawai ini masih tak siap pakai.

"Seharusnya, untuk saat ini, persiapannya sudah harus 80 persen, tinggal saja kita menunggu partisipasi dari seluruh peserta dan menunggu para pengisi acara pada hari acara itu. Tak ada lagi soal kesiapan lokasi acara," tegasnya.

Diketahui, Festival Pesona Mentawai 2023 kali ini bertemakan 'Arat Samba Langgaku Simalainge' yang berarti budaya dan alamku yang indah. Pembukaan, dimulai tepat pada peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Mentawai ke-24 tahun.

Setelah pembukaan, Festival Pesona Mentawai akan dimulai dengan pawai budaya oleh masyarakat dan pawai pembangunan oleh masing-masing OPD Pemkab Mentawai.

Selama empat hari pelaksanaan festival, pagelaran yang diadakan di antaranya seni budaya, baik itu musik hingga tari tradisi, lalu pameran kuliner dan ekonomi kreatif.

Juga ada peragaan busana Mentawai, tari kreasi Mentawai, teater rakyat, atraksi tato mentawai. Lalu, atraksi kerajinan batik Mentawai, voli pantai, atraksi ritual kebudayaan (paruak/pamanai), wisata herbal, pawai budaya dan pembangunan.

Kemudian, pameran suvenir, diving, snorkeling, fishing, atraksi kuliner dan hiburan musik dari seniman-seniman daerah.

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kepulauan Mentawai, menargetkan tamu undangan sebanyak 2.000 orang selama empat hari pelaksanaan kegiatan ini. (*)

Halaman:
1 2 3

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: