Tinjau Forum UMKM Kita Bisa, Bupati Mentawai: UMKM harus Diperkuat karena Penggerak Ekonomi

Jumat, 16 Juni 2023, 21:00 WIB | Bisnis | Kab. Mentawai
Tinjau Forum UMKM Kita Bisa, Bupati Mentawai: UMKM harus Diperkuat karena Penggerak...
Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak didampingi Dominikus (Sekretaris Sekretaris Dinas Koperindag) saat berkunjung ke salah satu unit usaha Forum UMKM Kita Bisa di SP 2 Desa Sidomakmur, Kecamatan Sipora Utara, Kamis. (prokopim)

MENTAWAI (15/6/2023) - Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak menyampaikan, dirinya okus pada penguatan pelaku usaha UMKM.

"UMKM ultra mikro ini sangat kuat pengaruhnya terhadap fundamental ekonomi di suatu wilayah," ungkap Fernando saat mengunjungi salah satu kelompok UMKM di SP 2 Desa Sidomakmur, Kecamatan Sipora Utara, Kamis.

Menurut dia, UMKM ultra mikro ini sangat potensial, karena dimanapun daerahnya, dia bisa berperan sebagai pengerak pertumbuhan ekonomi.

Terkait dengan adanya kendala pemasaran, Fernando menyebut, akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait.

Baca juga: Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata

"Saya akan menanyakan sudah sampai dimana upaya pemasaran UMKM kita, harga pokok produksinya sudah sampai dimana dibahas. Produk sejenis ini kompetitor kita siapa saja," ungkap Fernando

"Tentu, aspek ini harus dikaji supaya kita bisa melakukan perbaikan, supaya produk kita bisa berdaya saing," ucap Fernando yang didampingi Sekretaris Dinas Koperindag, Dominikus.

Sementara, Dominikus menyampaikan, Kelompok Usaha Bersama (KUB) 'Bu Buakat' dibentuk tahun 2022 lalu, dalam 'Forum UMKM Kita Bisa.'

"Ada 6 kelompok yang dibentuk di momen itu. Tiga kelompok, petani keladi dan tiga kelompok lagi petani sayuran. Saat ini, dari enam kolompok tersebut, sudah ada yang memperluas lahan keladinya jadi 8 hektar," ungkap Dominikus.

Baca juga: HUT Mentawai ke-24 Tahun, Wagub Sumbar: Pembangunan SDM itu Penting dan Tidak Bisa Instan

Siap Bersaing

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Prokopim Mentawai

Bagikan: