Dendeng Tuna Produksi UMKM Sasarainata Makin Diminati, Ini Kata Sekda Mentawai

Senin, 03 April 2023, 14:42 WIB | Bisnis | Kab. Mentawai
Dendeng Tuna Produksi UMKM Sasarainata Makin Diminati, Ini Kata Sekda Mentawai
Plt Sekda Mentawai, Rinaldi beserta sejumlah staf, memperlihatkan produk UMKM Sasarainata saat kunjungan kerjanya ke Desa Sioban, kecamatan Sipora Selatan, Sabtu. (daniwarti)

MENTAWAI (1/4/2023) - Plt Sekda Mentawai, Rinaldi mengungkapkan, pelaku usaha UMKM di Mentawai, harus terus berinovasi agar produk yang dibuat makin laku di pasaran.

"Caranya, mengurus izin halal produk, membuat kemasan yang menarik serta meningkatkan promosi agar semakin dikenal masyakarat luas," ungkap Rinaldi saat meninjau pelaku UMKM Sasarainata di Desa Sioban, kecamatan Sipora Selatan, Sabtu.

UMKM Sasarainata ini diketahui telah memproduksi aneka penganan dengan bahan baku khas Mentawai. Produk unggulannya adalah Dendeng Ikan Tuna.

Selain itu, juga telah memproduksi produk pendamping berupa Keripik Pisang, Keripik Keladi dan Stik Rokyko.

"Produk kita sudah dipasarkan di Kota Padang, Sioban dan Tuapejat," ungkap pengelola UMKM Sasarainata, Aditia pada rombongan Sekda Mentawai yang datang berkunjung.

Siap Didukung

Dikesempatan dialognya, Rinaldi menyebut, Pemkab Mentawai akan terus berusaha untuk memajukan UMKM yang dikelola masyarakat. Hal ini dimaksudkan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kesejahteraan masyarakat adalah visi dan misi Pemkab Mentawai. Karenanya, pelaku usaha UMKM tidak akan kita biarkan sendirian menghadapi persaingan," ungkap Rinaldi.

Khusus untuk UMKM Sasarainata, Rinaldi menilai, sudah siap bersaing dengan produk sejenis di pasar yang lebih luas. Karena, sudah mengantongi label halal. Sedangkan izin PIRT-nya, masih menunggu diterbitkan Dinas PTSP Mentawai.

"Kita harap, dilengkapi lagi izinnya dengan masa kedaluarsa (expired) sesuai standar BPOM," ungkap dia.

Rinaldi juga sampaikan terimakasih pada Perindagkop, yang telah melakukan pembinaan, memberikan pelatihan bahkan bantuan peralatan bagi UMKM Sasarainata ini.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: