Mentawai Fasilitasi Pelaku UMKM Ikuti Achievment Motivation Training, Ini Saran Sekda

Jumat, 09 Juni 2023, 01:00 WIB | Bisnis | Kab. Mentawai
Mentawai Fasilitasi Pelaku UMKM Ikuti Achievment Motivation Training, Ini Saran Sekda
Sekda Mentawai, Martinus Dahlan foto bersama dengan peserta achievment motivation training (AMT) di Bujai Mentawai Griya Hotel, Senin. (humas)

MENTAWAI (5/6/2023) - Sekretaris Daerah Mentawai, Martinus Dahlan menyarankan, peserta achievment motivation training (AMT) menyimak dengan teliti materi yang disampaikan narasumber. Kemudian, menjadikannya motivasi untuk mengembangkan usaha.

"Terimakasih pada kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan serta tim dari Universitas Tamansiswa padang, yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk memberikan pelatihan pada pelaku usaha di mentawai," ungkap Martinus saat membuka pelatihan di Bujai Mentawai Griya Hotel, Senin.

Dia berharap, peserta pelatihan yang terdiri dari pelaku UMKM, bisa membuat aneka produk turunan dari bahan baku yang dimiliki. Misalnya, dari bahan baku pisang, kemudian jadi bermacam-macam olahan atau bentuk.

"Jangan hanya pisang saja yang bapak ibu kelola, karena di Mentawai ini banyak bahan olahan yang bisa dijadikan makanan. Contohnya keladi, sagu dan lainnya," ungkap Martinus.

Baca juga: PLUT KUMKM adalah Panggung Usaha dan Kreatifitas

Martinus juga memberikan memotivasi pada pelaku usaha yang hadir, agar mengembangkan apa yang diperoleh dari setiap pelatihan ini.

"Setiap bapak ibu yang sudah mendapatkan pelatihan AMT, dapat mengembangkan apa yang sudah didapatkan dari pelatihan ini," terangnya.

"Karena, sudah jelas tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan motivasi pelaku usaha dalam mengembangkan usaha sekaligus membantu mengembangkan diri. Sehingga, memiliki kepercayaan diri, keberanian dalam mengambil resiko dan sikap mental yang tangguh sebagai pelaku usaha," tambah dia.

Dia mengajak pelaku usaha, untuk terus berusaha lebih baik lagi mengembangkan usaha khususnya di Mentawai sehingga produk yang dihasilkan bisa dipromosikan ke pasar lebih luas.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Gelar Bimtek Implementasi Izin Usaha ke UMKM

"Jadi, harus siap mental, tenaga bahkan waktu," ungkapnya. (*)

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: