OJK dan LKM Mesti Bersinergis Tingkatkan Perekonomian

Sabtu, 07 November 2015, 19:06 WIB | Olahraga | Kota Payakumbuh
OJK dan LKM Mesti Bersinergis Tingkatkan Perekonomian
Presentasi Walikota Payakumbuh Riza Falepi dihadapan Tim Penilai Adipura 2015, 4 November 2015. Payakumbuh satu-satunya kota dari Propinsi Sumatera Barat yang masuk 68 besar nasional. (humas)

VALORAnews - Kepala Kantor OJK Wilayah Sumatera Barat, Indra Yuheri mengungkapkan, sejak terbentuknya OJK melalui UU No 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan, sebagian tugas Bank Indonesia telah diambil alih OJK terutama terkait pengaturan, pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga keuangan.

Kemudian, lahirnya UU 1/2013, maka LKM termasuk di bawah pengaturan dan pengawasan OJK bersama pemerintah daerah. "Untuk itu, kami melakukan sosialisasi pada unsur masyarakat, terutama yang mengelola LKM, agar mengetahui aturan-aturan dan peran OJK dalam mengatur LKM-LKM yang berada di masyarakat, terutama di Kota Payakumbuh," ujar Indra, saat edukasi dan sosialisasi peran Otoritas Jasa Keuangan dan Produk Jasa Keuangan, Kamis (5/11/2015) di Payakumbuh.

Menurut Indra, LKM merupakan lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan, pengelolaan simpanan maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha.

"Kita berharap, OJK dan LKM bisa saling bahu-membahu meningkatkan perekonomian masyarakat. Tapi tetap dalam koridor yang berlaku" sebut Indra, dikutip dari siaran pers Pemko Payakumbuh.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Sebagai narasumber dalam sosialisasi ini, OJK menunjuk Kepala Bagian Pengawas Bank Senior OJK Sumbar, Bob Haspian yang memberikan materi tentang Peran OJK dalam melakukan Pengaturan, Pengawasan dan Pembinaan terhadap lembaga keuangan yang tersebar di daerah.

Edukasi dan sosialisasi itu digelar Bagian Perekonomian Setdako Payakumbuh bersama OJK wilayah Sumatera Barat. Kegiatan sehari itu berlangsung di sebuah hotel di Sicincin, Payakumbuh Timur. Pesertanya, unsur SKPD, kecamatan, kelurahan, TP- PKK serta pengurus LKM. Turut hadir Kepala Cabang Bank Nagari Payakumbuh, Edrianof. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: