Terbentuk di 23 Provinsi, Munas I PJS akan Digelar Oktober 2022

Selasa, 09 Agustus 2022, 20:32 WIB | News | Nasional
Terbentuk di 23 Provinsi, Munas I PJS akan Digelar Oktober 2022
Aktivitas konsolidasi PJS yang dilakukan ketum, waketum dan jajaran pengurus di 10 provinsi di tanah air, sepanjang sepekan kemarin.

"Tentunya, dengan PWI, AJI, IJTI ataupun organisasi lain, kita akan bekerjasama dengan baik. Kita akan jadi mitra yang saling mendukung dan saling melengkapi."

"Tidak ada masalah, karena PJS terbentuk bukan karena adanya faktor persaingan atau sakit hati, tidak ada itu, apalagi anggotanya bukan merupakan anggota atau pengurus dari ketiga organisasi itu," tegasnya.

Sudah Terbentuk 23 Propinsi

Baca juga: PJS Bukittinggi Gelar Pelatihan Jurnalistik, Sekda: Jadilah Wartawan Profesional

Pada kesempatan yang sama, Plt Wakil Ketua Umum (Waketum), Mhd Perismon mengatakan, sejauh ini PJS sudah terbentuk 23 DPD setingkat propinsi dan sejumlah DPC setingkat kabupaten dan kota.

Dalam proses pembentukan ini, PJS memakai metode 'bottom up' atau dari bawah ke atas.

"Semua berawal dari teman-teman di daerah, mereka berkumpul dan kemudian memberi tahu kepada pengurus DPP. Jadi DPP itu hanya mengukuhkan saja. Semua itu benar-benar bottom up, tidak ada pemaksaan dari DPP," ujarnya.

Dikatakan Perismon, setelah pengurus tingkat DPD dikukuhkan, pengurus tingkat DPC juga akan membentuk di masing-masing daerah dan melaporkan ke DPD untuk mendapatkan pengukuhan.

""Sengaja kita buat seperti itu, supaya semua pengurus ataupun anggota merasa sama-sama memiliki organisasi ini. Kita di DPP juga memberikan keleluasaan berinovasi bagi teman-teman di daerah untuk bergerak, namun tetap dalam koridor dan aturan yang telah ditetapkan bersama."

"Terutama soal peningkatan kompetensi itu, karena itulah tujuan utama PJS," sambung jurnalis yang sudah malang melintang di dunia pertelevisian, koran dan terakhir menjadi CEO RuangPolitik.com ini.

Guna melengkapi legitimasi sebagai organisasi pers, PJS juga akan melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-1 PJS yang akan dilaksanakan di Jakarta, pada awal Oktober mendatang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: