KPID Sumbar Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa: Afriendi: Lembaga Penyiaran Cenderung Dipengaruhi Kepentingan Bisnis, Politik dan Ideologi

Jumat, 31 Desember 2021, 21:56 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
KPID Sumbar Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa: Afriendi: Lembaga Penyiaran Cenderung...
Ketua KPID Sumbar, Afriendi Sikumbang foto bersama dengan berbagai elemen mahasiswa yang mendeklarasikan terbentuknya JMPP Sumbar di Padang, Jumat.

Dalam pemaparannya, Jasman menyebutkan, penting bagi generasi muda untuk bijak dalam bermedia dan tidak menelan informasi bulat-bulat, terlebih lagi saat ini mayoritas masyarakat tidak hanya melihat informasi dari media elektronik saja tapi sudah ada media sosial yang lebih cepat menyebarkan informasi.

Menurut Jasman, faktanya media sosial saat ini telah jadi pakaian masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa hari ini betul-betulmampu memfilter informasi. Jangan berujung buih dan menimbulkan masalah dikemudian hari.

"Saring sebelum sharing," ungkap juru bicara Covid-19 Sumbar tersebut.

Baca juga: Afriendi Sikumbang Terpilih Aklamasi Pimpin IKA PMII Sumbar

Sementara, Nofal Wiska menilai, saat ini lembaga penyiaran televisi dan radio mulai ditinggalkan masyarakat. Ini terlihat masyarakat sudah berlaih ke media sosial, padahal tingkat literasi masyarakat masih rendah. DIa menambahkan berdasarkan indeks survei dari Google Search Top Queries in 2020, untuk pencarian pertama adalah Translate.

Menurutnya, hal ini sangat berbahaya, sebab kata Nofal, ini membuktikan bahwa masyarakat kita tidak punya kemauan belajar berbahasa asing dan akhirnya ketergantungan akan Translasi atau Google Translate.

Deklarasi JMPP

Usai acara, peserta sosialisasi yang terdiri dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi, menginisiasi pembentukan Jaringan Milenial Pengawal Penyiaran Sumatera Barat (JMPP SUMBAR) usai pelaksanaan kegiatan literasi media dengan tema "Literasi Menuju Pemuda Cerdas dan Bijak Bermedia."

Sebanyak 50 orang aktifis mahasiswa yang terdiri dari utusan BEM atau utusan kampus / perguruan tinggi swasta negeri dan swasta di Kota Padang itu, menyepakati pembentukan JMPP Sumbar.

"Alhamdulillah, kami atas nama mahasiswa se-kota Padang bersepakat mendeklarasikan berdirinya JMPP Sumbar. Insyaallah dari pencerahan yang disampaikan para narasumber tadi kami merasa terpanggil berbuat untuk penyiaran Sumbar," kata Muhammaf Hafiz, Ketua JMPP Sumbar Terpilih.

Menurut Hafiz, kedepan setidaknya mahasiswa bisa melakukan literasi bagi kalangan milenial agar mereka mengetahui dampak negatif media.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: