KPID Sumbar Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa: Afriendi: Lembaga Penyiaran Cenderung Dipengaruhi Kepentingan Bisnis, Politik dan Ideologi

Jumat, 31 Desember 2021, 21:56 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
KPID Sumbar Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa: Afriendi: Lembaga Penyiaran Cenderung...
Ketua KPID Sumbar, Afriendi Sikumbang foto bersama dengan berbagai elemen mahasiswa yang mendeklarasikan terbentuknya JMPP Sumbar di Padang, Jumat.

PADANG (31/12/2021) - Di penghujung tahun 2021, Komisi Penyiaran Indoensia Daerah (KPID) Sumatera Barat, menggelar Gerakan literasi sejuta pemirsa dengan tema "Literasi Menuju Pemuda Cerdas dan Bijak Bermedia."

Kegiatan yang menghadirkan sekitar 50 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di kota Padang itu digelar di sebuah hotel di Padang, Jumat.

Ketua KPID Sumatera Barat, Afriendi Sikumbang pada pembukaan mengatakan, kehadiran KPI sebagai lembaga independen merupakan representase publik dalam mengawasi penyiaran di Indonesia.

Pengawasan isi siaran oleh KPI, kata Afriendi, bertujuan agar menjamin masyarakat mendapatkan haknya memperoleh tontonan yang sehat dan berkualitas, serta suguhan informasi yang benar, adil dan berimbang.

Baca juga: Literasi Media KPID Sumbar, Supardi: Peran Bundo Kanduang Dibutuhkan Atasi Dampak Negatif Siaran

Dia menambahkan, kecenderungan siaran pada lembaga penyiaran, banyak dipengaruhi oleh kepentingan bisnis, politik dan ideologi. Oleh karena itu, masyarakat apalagi mahasiswa harus terus terlibat dan berpartisipasi mengawal penyiaran sehat dan berkualitas.

Terkait konten siaran, Afriendi menjelaskan, KPID Sumbar selama ini telah fokusmelakukan pemantauan langsung siaran televisi dan radio, terutama terhadap konten lokal yang tayang di 16 stasiun televisi berjaringan di Sumatera Barat.

"Selama ini, KPID masih menemukan banyak potensi pelanggaran di lembaga penyiaran di Sumatera Barat. Sampai akhir tahun 2021 KPID telah memberikan sanksi teguran tertulis hingga puluhan kali," ungkapnya.

Oleh karena itu, kedepan perlu banyak keterlibatan masyarakat agar masyarakat ikut berpartisipasi baik mengawasi maupun penguatan literasi dikalangan pemuda dan mahasiswa.

Baca juga: Informasi Salah Bertebaran, KPID Sumbar: Pemerintah Butuh Lembaga Penyiaran Publik Lokal

Di samping Ketua KPID Sumbar, hadir juga sebagai narasumber Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar, Jasman dan Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, Nofal Wiska.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: