Besok, Niniak Mamak se-Sumbar Deklarasikan Pilkada Sumbar Aman dan Damai

Jumat, 18 September 2015, 22:31 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Besok, Niniak Mamak se-Sumbar Deklarasikan Pilkada Sumbar Aman dan Damai
Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik menyambut hangat a'wan PB NU yang juga ulama Minangkabau, Bagindo M Letter disaksikan Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang S Herwanto, Sabtu (19/9/2015) di Istana Bung Hatta Bukittinggi. (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Sedikitnya, 700-an orang tokoh adat dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam Kerapatan Niniak Mamak Minangkabau, akan menggelar deklarasi mendukung pelakasanaan pemilahan serentak 2015 aman dan damai di Sumbar.

Deklarasi yang akan digelar di aula Istana Bung Hatta Buktitinggi itu, rencananya disaksikan langsung Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dan sejumlah pejabat dan undangan lainnya.

Pengurus Kerapatan Niniak Mamak Minangkabau yang di-tuo-kan, Mishar Dt Mangkuto Sapuluah menyebutkan, deklarasi pilkada aman dan damai itu merupakan inisiatif niniak mamak sebagai wujud kepedulian atas perhelatan demokrasi di Sumbar itu.

"Pasangan calon kepala daerah yang akan berkompetisi pada pilkada serentak di Sumbar ini adalah anak kemanakan kami. Makanya kami selaku niniak mamak punya tanggung jawab untuk mengawalnya," tukas Mishar Dt Mangkuto Sapuluah, Jumat (18/9/2015).

Baca juga: Teknologi Informasi Makin Berkembang, Supardi: Tugas Ninik Mamak makin Berat

Diharapkan, dari acara silaturahmi yang dihadiri langsung Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik itu, akan mempererat hubungan tali silaturahmi niniak mamak, sehingga bisa lebih solid, yang dibingkai dengan kesantunan dan kebersamaan.

Ditambahkan Mishar, terkait dengan tujuan pilkada damai yang akan dideklarasikan besok, tidak lain hal ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian niniak mamak dalam menjaga suasana kondusif saat pilkada berlangsung.

"Tidak itu saja, pada deklarasi itu kami para niniak mamak dari sejumlah Kerapatan Adat Nagari (KAN), dan juga Lembaga Kerapatan Adat Minangkabau di beberapa kecamatan juga menyatakan sikap netral dalam pilkada nanti," tegas Mishar.

Selama ini, sebut dia, niniak mamak hanya diajak untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu atau pun pilkada. Namun di tahun ini, posisi niniak mamak itu dinaikkan yakni ikut berkontribusi mengawal penyelenggaraan pilkada.

Baca juga: Khatam Quran Majid Syukra, Erman Safar: Lanjutkan ke Rumah Tahfiz

Melalui kedudukannya di dalam adat, para niniak mamak ini meminta pada anak kemanakannya agar bisa menjaga proses pilkada serentak itu berjalan lancar.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: