Teknologi Informasi Makin Berkembang, Supardi: Tugas Ninik Mamak makin Berat

Senin, 26 Juni 2023, 20:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Teknologi Informasi Makin Berkembang, Supardi: Tugas Ninik Mamak makin Berat
Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

BUKITTINGGI (26/6/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menyampaikan, Ninik Mamak di Minangkabau memiliki peran penting dalam mengawasi tumbuh kembang generasi muda, khususnya anak kemenakannya agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif. Seperti, penyalahgunaan narkoba, terlibat tindakan asusila atau perbuatan melanggar hukum lainnya.

"Saat ini tugas ninik mamak sangat berat. Perkembangan zaman telah banyak berubah dan mempengaruhi anak kemenakan, untuk melakukan hal-hal negatif. Kita berharap, peran ninik mamak menjaga agar generasi muda tidak terjerumus kedalam perbuatan-perbuatan tercela," kata Supardi di Bukitinggi, Senin.

Hal itu dikatkan Supardi, saat membuka Workshop dengan tema "Menggali Potensi Nagari untuk Merancang Sebuah Festival." Kegiatan ini diikuti 24 lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) se Payakumbuh dan Limapuluhkota.

Pembiayaan kegiatan ini melalui dana Pokok Pikiran (Pokir) Supardi. Ini merupakan upaya politisi Partai Gerindra itu, untuk melaksanakan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Barat.

Baca juga: Tak Perlu Gelar Sarjana! 5 Pekerjaan Ini Digaji Puluhan Juta per Bulan, Tertarik Mencoba?

Di antara program yang telah digelar yakni Pertemuan Pilar-Pilar Sosial, Penyuluhan Sosial, Bimbingan Teknis dan banyak lagi kegiatan yang bersifat sosial lainnya.

Pada Senin ini, Supardi kembali menggelar kegiatan di dua tempat berbeda yaitu di Hotel Campago dan Hotel Pusako Bukittinggi.

Dikesempatan itu, Supardi berharap pada para ninik, perlunya menjaga dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal di setiap nagari nagari di Minangkabau.

"Para ninik mamak mempunyai ikatan emosional yang kuat bagi masyarakat di Minangkabau dan lembaga adat yang merupakan mitra pemerintah merupakan modal untuk memperkuat masyarakat adat di nagari," ujar Supardi.

Baca juga: DIGITALISASI ADMINISTRASI, Wendi: Di Pessel, Seluruh Layanan Pemerintahan Menuju Digital

Supardi berharap, dari kegiatan ini akan lahir sebuah kesimpulan bagaimana menatap masa depan Sumatera Barat yang lebih baik.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: