Kecamatan Sungai Tarab Gagas Klinik Konsultasi Pengelolaan Keuangan Nagari

Kamis, 27 Agustus 2020, 20:00 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Kecamatan Sungai Tarab Gagas Klinik Konsultasi Pengelolaan Keuangan Nagari
Wakil Bupati Tanahdatar, H Zuldafri Darma membuka selubung kain peresmian kantor konsultasi Pembinaan Pengelolaan Keuangan Nagari, Kamis (27/8/2020) di kantor kecamatan Sungai Tarab. (jheni rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Bupati Tanahdatar, H Zuldafri Darma menyampaikan apresiasi atas inovasi yang dilahirkan Kecamatan Sungai Tarab melalui Penerapan Pola Pembinaan Pengelolaan Keuangan Nagari. Inovasi ini diluncurkan, Kamis (27/8/2020) di kantor kecamatan Sungai Tarab.

"Inovasi sangat dibutuhkan dalam sebuah sistem pemerintahan sehingga pelaksanaan pelayanan ataupun pengelolaan dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai," ujar dia.

Inovasi yang digagas Kecamatan Sungai Tarab ini, tambahnya, bisa dilihat telah membantu pemerintah nagari dalam pengelolaan keuangan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pertanggungjawaban.

"Kita melihat inovasi ini menghadirkan sebuah klinik konsultasi pengelolaan keuangan nagari, diharapkan mampu menjadi sarana peningkatan pemahaman terhadap tata cara ataupun prosedur pengelolaan yang baik," terang dia.

Baca juga: Festival Pesona Barulak Digelar 24-26 September 2022, Yuk Ramaikan

"Sehingga, aparatur yang mengelola keuangan tidak berurusan dengan hukum karena terlibat kasus-kasus penyalahgunaan ataupun penyimpangan pengelolaan keuangan," tambah Zuldafri.

Ke depan, ujar Zuldafri, inovasi yang dilahirkan Kecamatan Sungai Tarab ini, butuh komitmen yang kuat untuk diimplementasikan serta tidak ada salahnya juga dilaksanakan di 13 kecamatan lainnya di Tanahdatar.

"Kita menilai, inovasi ini layak untuk terus dikembangkan dan diimplementasikan di seluruh jajaran pemerintahan, terutama di nagari, karena ketika program ini menghasilkan pengelolaan yang transparan, tepat sasaran dan efektif."

"Tentu, bantuan lain baik dari pemerintah pusat, donatur ataupun perantau akan mengalir ke kampung halaman, sehingga tentu akan sangat membantu untuk pembangunan daerah kita yang memang minim Pendapatan Asli Daerah," tukasnya.

Baca juga: Alu Katentong, Kesenian Tradisi Anak Nagari Padang Laweh yang masih Bertahan

Sementara itu, Camat Sungai Tarab, Afrizal memaparkan, inovasi ini dilahirkan di samping sebagai bahan penyelesaian pendidikannya, juga ia melihat besarnya APB Nagari yang dikelola sangat rentan terhadap kesalahan pengelolaan yang bisa menyebabkan berurusan dengan hukum.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: