1032 Jemaah Haji Kota Padang Utuh Kembali

Senin, 29 Oktober 2018, 18:31 WIB | News | Kota Padang
1032 Jemaah Haji Kota Padang Utuh Kembali
Asisten Ekbang Kesra Setda Padang, Hermen Peri sewaktu mengucapkan selamat datang kembali, usai serah terima pemulangan Jemaah Haji Kota Padang tahun 1439H/2018M dari Kementerian Agama (Kemenag) pada Pemko Padang di Masjid Agung Nurul Iman, Sabtu (29/9/20

VALORAnews - Ibadah Haji bagi umat Islam merupakan klimaks dialog dengan Allah, sekaligus pengenalan terhadap jati diri seseorang. Tentang siapa kita dan akan kemana kita. Hal ini dilambangkan dengan meninggalkan topeng-topeng duniawi diganti dengan pakaian ihram yang serba putih.

"Pakaian itu melambangkan penanggalan segala atribut yang melekat selama hidup, baik berupa jabatan, status sosial, kekakayan dan sebagainya," ungkap Asisten Ekbang Kesra Setda Padang, Hermen Peri sewaktu serah terima pemulangan Jemaah Haji Kota Padang tahun 1439H/2018M dari Kementerian Agama (Kemenag) pada Pemko Padang di Masjid Agung Nurul Iman, Sabtu (29/9/2018).

Oleh karena itu, jelas Hermen, gelar haji atau hajah memiliki tanggung jawab sosial yang ditunjukan dengan perbuatan nyata sehari-hari yang bermanfaat bagi orang banyak. Dimana haji mabrur selalu menjadi dambaan setiap jemaah yang melaksanakannya. Rasululah sendiri menyebutkan tidak ada ganjaran yang pantas bagi yang memperoleh haji mabrur.

"Untuk mengetahui seseorang itu haji mabrur, tercermin dari ciri-ciri seseorang itu adanya perubahan positif dalam dirinya. Dimana, selalu tumbuh kesadaran dan semangat berbuat baik dan menjadi panutan masyarakat," sebutnya.

Baca juga: Erman Safar Sambut Kepulangan 295 Jemaah Haji 1444 H Bukittinggi

Sementara itu, Kepala Seksi PHU Kemenag Padang, Aprizal melaporkan, sejumlah 1032 orang jemaah haji Kota Padang berangkat telah menunaikan ibadah haji dan telah kembali pulang dengan selamat.

"Alhamdulillah, selama pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan dan terlaksana dengan baik. Keberhasilan tersebut berkat kerja sama antara jemaah haji bersama pembimbing haji di tanah suci," terangnya.

"Semua jemaah haji kompak, mematuhi setiap aturan, prosedur atau bimbingan yang telah diberikan sewaktu manasik haji. Dari awal sampai wukuf di arafah jemaah haji kota Padang juga menerima pelayanan dengan baik," ungkapnya.

Ia menyebutkan, menurut hasil pengamatan monitoring pelaksanaan haji tahun 1439 H/2018 sangat bagus dan mengalami peningkatan.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Diputuskan Dapat 10 Liter Air Zamzam, Ini Teknis Pengambilan Jatah Tambahan

Di akhir kegiatan, para hadirin yang hadir pada kesempatan itu juga turut mengumpulkan infak yang diperuntukkan bagi korban musibah gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya. Alhasil dana pun terkumpul sebanyak Rp1.693.500. (rls/vry)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: