Pemilu 2024. Ini Perolehan Kursi dari Dapil Padang VI, Partai Nasdem dan PKB Pecah Telor

Minggu, 25 Februari 2024, 19:51 WIB | News | Kota Padang
Pemilu 2024. Ini Perolehan Kursi dari Dapil Padang VI, Partai Nasdem dan PKB Pecah Telor
Kantor DPRD Padang di kawasan Bypass Air Pacah, Padang.

PADANG (25/2/2024) - Perolehan dua kursi di Pemilu 2019, tak menggaransi Partai Gerindra dan PKS untuk kembali meraup prestasi serupa di daerah pemilihan (Dapil) Padang VI pada Pemilu 2024.

Perolehan suara keduanya, tertinggal jauh dari Partai Nasdem yang berhasil menyalip posisi sebagai partai peraih suara terbanyak pada Dapil yang meliputi kecamatan Padang Utara, Padang Barat dan Nanggalo ini.

Delapan orang Caleg partai dengan nomor urut 5 ini, berhasil meraup 15.605 suara sehingga menyegel 2 dari 8 kursi yang dialokasikan di Dapil Padang VI ini.

Sementara, PKS dan Gerinda yang menempati peraih suara terbanyak kedua dan ketiga, hanya mampu mengantarkan seorang kadernya ke parlemen untuk periode 2024-2029 nanti.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Hakim Tolak Dakwaan Dugaan Ijazah Palsu Caleg PPP

PKS dengan perolehan 14.963 suara, sisa penghitungan kursinya sebesar 4.988 suara, tak mampu mengungguli perolehan suara PDI Perjuangan yang menyegel kursi terakhir, kursi kedelapan di Dapil Padang VI ini.

PDI Perjuangan merujuk hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tiga kecamatan itu, meraih 5.146 suara.

Sedangkan Partai Gerindra yang di Pemilu 2019 lalu berhasil menempatkan dua orang kadernya di DPRD Padang periode 2019-2024, Mastiliza Aye dan Budi S, sekarang harus menerima takdir satu kursi dengan menebusnya dengan perolehan 10.329 suara.

Begitu juga dengan PKS, yang mengajukan petahana Arnedi Yarmen dan Djunaidy Hendri.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Tuduhan Ijazah Palsu Terbantahkan, It Arman Wajib Lepas dari Segala Tuntutan

Sebagai peraih suara terbanyak ketiga di Dapil Padang VI ini, PKS hanya mampu mengamankan 1 kursi, atas nama Arnedi Yarmen sebagai peraih suara terbanyak. (lihat tabel)

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: