AT 2 Expo SMAKPA Tampilkan 80 Produk Penelitian Siswa

Sabtu, 06 Mei 2017, 13:02 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
AT 2 Expo SMAKPA Tampilkan 80 Produk Penelitian Siswa
Pameran Analisis Terpadu II (AT 2) Expo SMAKPA 2017, yang berlangsung di Jalan Alai, Pauh, Jumat (5/5/2017) menghadirkan 80 produk hasil penelitian siswa sekolah di bawah binaan Kementerian Perindustrian itu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Sedikitnya, 80 produk hasil penelitian siswa Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAKPA) ditampilkan dalam pameran Analisis Terpadu II (AT 2) Expo SMAKPA 2017, yang berlangsung di Jalan Alai, Pauh, Jumat (5/5/2017).

Produk yang ditampilkan bervariasi, mulai dari jenis obat-obatan, makanan, minuman, bahkan sampai pembuatan kertas multiguna berbahan dasar jerami.

"Semua produk tersebut sudah melalui pengujian dengan kualitas SNI. Jika diproduksi lebih banyak pun sudah layak dipasarkan," kata Kepala SMAK Padang, Nasir.

Dijelaskan, hasil penelitian ini merupakan implementasi ilmu yang telah diterima siswa selama 3,5 tahun. Setelah memasuki tahun keempat (terakhir), siswa memulai tahapan untuk melaksanakan proyek mandiri yang dilakukan selama 6 bulan.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Siswa memulai dari penyusunan proposal proyek mandiri, melakukan praktikum, kemudian mempertahankan hasilnya di hadapan penguji," ulasnya.

Menurut Nasir, proyek mandiri ini akan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada siswa. "Di samping mereka memiliki skill di bidang kimia, juga memiliki jiwa enterprenuer," imbuhnya.

Ketika siswa SMAK Padang memasuki dunia kerja, lanjut Nasir, mereka sudah membuktikan kompetensinya melalui hasil penelitian tersebut. Ini lebih menumbuhkan kepercayaan perusahaan yang merekrut siswa SMAK.

"Ini bukti siswa lulusan SMAK Padang memiliki kemampuan yang dibutuhkan dunia industri dan siap dipekerjakan sesuai kompetensi yang dimiliki," ujarnya.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Kepiawaian SMAK Padang dalam meneliti dan menghasilkan produk dari bahan-bahan dasar yang sebelumnya tidak terpikirkan itu sudah banyak mendapat pengakuan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: