AT 2 Expo SMAKPA Tampilkan 80 Produk Penelitian Siswa

Sabtu, 06 Mei 2017, 13:02 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
AT 2 Expo SMAKPA Tampilkan 80 Produk Penelitian Siswa
Pameran Analisis Terpadu II (AT 2) Expo SMAKPA 2017, yang berlangsung di Jalan Alai, Pauh, Jumat (5/5/2017) menghadirkan 80 produk hasil penelitian siswa sekolah di bawah binaan Kementerian Perindustrian itu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Pada tahun 2016 lalu, 2 produk hasil penelitian siswa mendapatkan hak paten," kata Nasir.

Selain itu, Walikota Padang juga mempercayakan penelitian dan pengujian kandungan sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ke SMAKPA. Dari hasil pengujian tersebut, Pemko Padang memiliki rencana untuk memanfaatkan sampah tersebut sebagai bahan pupuk dan produk daur ulang lainnya.

"Hasil penelitiannya sudah didapatkan, namun menunggu tindaklanjut dari Pemko Padang melalui dinas terkait," ungkapnya.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

Terakhir, Nasir menyatakan rasa bangga, karena Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan mempercayakan SMAK Padang sebagai wakil Sumatera Barat pada pameran produk siswa tingkat nasional di Solo, Jawa Tengah.

"Kami bangga, SMAKPA mewakili Sumatera Barat pada pameran produk siswa tingkat nasional di Solo, 13-20 Mei 2017," imbuhnya.

Sementara, Ketua Panitia AT 2 EXPO SMAKPA 2017, Musa Rasyidin menjelaskan, siswa yang mengikuti pameran berjumlah 174. Produk yang ditampilkan bervariasi terdiri dari makanan dan minuman sebanyak 16 produk, kosmetik dan sabun 13 produk

Dari minyak atsiri, bioetanol, biodiesel dan bioplastik sebanyak 20 produk. Produk jenis balsem, minyak angin dan salep 12 produk. Jenis pupuk 10 produk. Kemudian kertas, tinta, gel pengharum, handsanitizer sebanyak 9 produk.

"Semua produk yang dipamerkan ada 80 produk. Bahan dasarnya sangat bervariasi semua berasal dari lingkungan dan hasil alam lokal," ungkap Musa.

SMAK Padang berada di bawah binaan Kementerian Perindustrian. Sekolah ini memiliki masa pendidikan 4 tahun dengan program studi Analis Kimia. Saat ini, sekolah serupa hanya ada 3 di Indonesia, yang lainnya terdapat di Makassar dan Bogor. (rls/vri)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: