Irfendi Canangkan Tanam Serentak untuk Kejar Target Swasembada

Senin, 20 Februari 2017, 08:36 WIB | Wisata | Kab. Agam
Irfendi Canangkan Tanam Serentak untuk Kejar Target Swasembada
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi melakukan gerakan tanam serentak dalam upaya percepatan tanam di hamparan Sawah Bandang, Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Minggu (19/2/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kabupaten Limapuluh Kota, telah surplus beras sebanyak 80 ribu ton. Untuk mempertahankan capaian ini, petani diharapkan bisa melakukan percepatan tanam.

Demikian dikatakan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi pada pencanangan gerakan tanam serentak dalam upaya percepatan tanam di hamparan Sawah Bandang, Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Minggu (19/2/2017).

"Kita berharap, petani terus berkontribusi aktif melakukan percepatan tanam buat peningkatan ekonomi petani itu sendiri sekaligus mendukung ketersediaan beras nasional," harap Irfendi di hadapan ratusan petani yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani di Sawah Bandang.

Diakui Irfendi, target tanam Kabupaten Limapuluh Kota seluas 53 ribu hektar, belum terealisasi karena daerah ini mengalami kekurangan hujan yang mengakibatkan tertundanya penanaman tahun 2016 seluas 13 ribu hektar. Hal ini, hendaknya bisa disikapi kelompok tani dengan melaksanakan pengairan persawahan dengan memanfaatkan mesin pompanisasi bantuan Pemkab Limapuluh Kota.

Baca juga: Mentan SYL Bersama Wamen Harvick Terima Kunjungan Panglima TNI, Ini yang Dibicarakan

"Untuk mengatasi masalah pengairan ini, kita mengajak kelompok tani bisa memanfaatkan mesin pompanisasi bantuan Pemkab Limapuluh Kota yang telah ada," tutur Irfendi yang diiyakan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun), Aprizul Nazar.

Menyimak realisasi tanam tahun 2017 yang masih di bawah target, Irfendi mengajak berbagai pihak terutama pihak petani segera memburukan tanam. Dikesempatan itu, Irfendi juga mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan pada Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf Herry Sumitro beserta jajaran, yang telah terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan UPSUS tanam serentak ini.

"Kita mendukung dan mengapresiasi, kegiatan UPSUS Swasembada Pangan padi yang diselenggarakan kelompok tani bersama TNI ini. Sekali lagi, kita berterimasih kepada jajaran Korem 032/Wirabaraja dan Kodim 0306/50 Kota," ujar Irfendi.

Sementara, Aprizul Nazar menyebut, dengan terlaksananya peningkatan luas tanam, dapat diharapkan adanya peningkatan produksi yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan petani dan suksesnya Upsus Swasembada pangan. Karenanya, petani perlu terus didorong melakukan percepatan tanam hingga target tanam tercepai.

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

Ikut hadir dalam acara itu Kepala Dinas Pertanian Sumbar diwakili Dadang, perwakilan dari Korem 032/Wirabaraja serta Kapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: