Keberhasilan Pemimpin Ditentukan dari Kualitas Komunikasi

Jumat, 04 November 2016, 22:36 WIB | News | Kota Padang
Keberhasilan Pemimpin Ditentukan dari Kualitas Komunikasi
Pakar ilmu komunikasi, Aqua Dwipayana, menanam pohon usai mengunjungi dan memberi motivasi para prajurit TNI di Markas Detasemen Polisi Militer Angkatan Darat I/4 Padang, Jumat (4/11/2016). (vebi rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Keberhasilan seorang pemimpin, bukan saja karena kehebatan atau kebijakan yang dibuat. Namun, kunci keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh gaya dan kualitas komunikasi pemimpin tersebut.

"Seorang pemimpin dituntut tidak hanya pandai berkata-kata, namun seorang pemimpin harus bisa jadi teladan bagi semua. Setiap kata yang diucapkan, harus sejalan dengan perbuatan," kata pakar ilmu komunikasi, Aqua Dwipayana, saat mengunjungi dan memberi motivasi di Markas Detasemen Polisi Militer Angkatan Darat I/4 Padang, Jumat (4/11/2016).

Dijelaskan Aqua, seberapa pun tinggi pangkat dan jabatan seseorang, haruslah tetap rendah hati. Selain itu, dalam berkomunikasi seorang pemimpin juga harus bisa menghargai orang lain, berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti serta peduli dengan kondisi sekitar.

Hal ini dikatakan Aqua yang juga motivator ini, saat ditanya mengenai aksi unjuk rasa damai yang dilakukan umat Islam atas dugaan penistaan agama yang dilakukan gubernur non aktif Basuki Tjahaja Poernama atau Ahok.

"Kinerja Ahok sebagai gubernur bagus tapi cara komunikasinya buruk," ujarnya.

Dikatakan, untuk mengubah institusi jadi lebih baik, dibutuhkan kemauan. Selain itu, seorang pemimpin juga harus pandai dalam menjalin hubungan dan komunikasi dengan berbagai pihak dan masyarakat. Dengan memiliki komunikasi yang baik dengan banyak pihak, perubahan fisik yang membutuhkan banyak dana, bisa terbantu dengan hubungan komunikasi yang baik tadi.

Kepada anggota Denpom I/4 Padang, lelaki asal Bungus ini berpesan, agar para prajurit TNI mencintai pekerjaan mereka, karena dengan bertanggungjawab terhadap pekerjaan, sudah merupakan bagian dari jihad.

Sementara itu, Komandan Detasemen Militer (Dandenpom) I/4 Padang, Letkol CPM Didik Hariyadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan pakar komunikasi tersebut.

"Merupakan sebuah kehormatan, pakar komunikasi dan motivator dengan bayaran Rp40 sampai Rp50 juta dalam dua waktu jam, mau memberi motivasi gratis kepada anggota Denpom," kata Letkol Didik.

Dikatakan Didik, dirinya selaku komandan beserta anggota Denpom I/4 Padang, semakin bersemangat dalam menjalankan tugas sebagai anggota TNI setelah mendapat motivasi tersebut. Usai memberi motivasi, Aqua Dwipayana juga melakukan penanaman Pohon Jambu sebagai kenang-kenangan atas kunjungannya di Markas Denpom tersebut. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: