BNPB akan Pasang EWS Terintegrasi di Gunung Marapi, Ini Manfaatnya

Senin, 10 Juni 2024, 16:32 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
BNPB akan Pasang EWS Terintegrasi di Gunung Marapi, Ini Manfaatnya
Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan jajaran, berdialog tentang rencana pemasangan EWS Terintegrasi Gunung Marapi bersama Raditya Jati (Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB) dan Prasinta Dewi (Deputi Bidang Pencegahan BNPB) di Istana Gubernuran, Senin. (humas)

Berbagai informasi tersebut, akan memberikan rekomendasi pada pemangku kepentingan, untuk kesiapsiagaan maupun langkah mitigasi terhadap potensi dampak bencana.

"Hal tersebut bertujuan agar warga paham dan melakukan aksi dini apabila mendengar bunyi sirine peringatan dini."

"Di samping itu, sosialisasi juga diperlukan agar masyarakat ikut merawat EWS Terintegrasi ini, sehingga keberlanjutan fungsi perangkatnya dapat terjaga," ujar Raditya.

Baca juga: Dua Santri Ponpes Habkarisy Ikut Selamatkan Korban Erupsi Gunung Marapi, Bupati Agam Beri Hadiah Sepatu Merah

Terkait masalah pendanaan, lanjutnya, untuk pendanaan awal, mulai dari pemasangan alat hingga pemeliharaan dalam masa dua tahun ke depan, akan ditanggung BNPB.

"Untuk tahun ketiga dan selanjutnya, kami meminta dukungan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten untuk pemeliharaannya."

"Namun, yang terpenting adalah, bagaimana keberlanjutan fungsi EWS ini tetap bisa diakses oleh masyarakat," terang Raditya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: