Supardi Ingatkan Pemuka Adat, Budaya dan Kuliner Khas Payakumbuh makin Terpinggirkan

Selasa, 28 Mei 2024, 20:41 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Supardi Ingatkan Pemuka Adat, Budaya dan Kuliner Khas Payakumbuh makin Terpinggirkan
Ketua DPRD Sumbar, Supardi bersama Jefrinal Arifin (Kadis Kebudayaan) dan jajaran, saat seremonial pembukaan Bimtek pemangku kebudayaan Kota Payakumbuh yang digelar di Bukittinggi, Sabtu (25/5/2024). (humas)

BUKITTINGGI (28/5/2024) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi merasa miris, tak banyak lagi generasi muda yang kenal dengan tradisi budaya Sirompak, Basijobang, Tari Podang, Talempong Batu dan berbagai kesenian asli Payakumbuh lainnya.

Kemudian, kuliner khas Payakumbuh seperti Botiah, Pindik, Galamai, Ajik dan Kipang serta beberapa makanan khas lain, nasibnya makin merana seiring pemasarannya yang lebih banyak di pinggir jalan secara asongan.

"Makin banyak budaya dan kuliner kita yang tak lagi dicintai. Rasa memiliki makin menipis. Jika pemangku kepentingan di Payakumbuh tak waspada, budaya dan kuliner itu akan punah," ungkap Supardi.

Hal itu dikatakan Supardi, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pemangku kebudayaan di Kota Payakumbuh, Sabtu (25/5/2024).

Baca juga: Peneliti Asing Hadiri Festival Maek, Supardi; Momentum untuk Ungkap Tabir Peradaban Maek

Menurut Supardi, budaya dan kuliner itu, seharusnya bisa jadi motor penggerak ekonomi Payakumbuh.

"Budaya dan kuliner itu aset kita. Tetapi, kita seperti membiarkannya punah ditelan roda zaman," papar Supardi

Menurut Supardi, jika pemerintah dan masyarakat fokus mengolah dan memanajemen secara profesional kesenian dan kuliner ini, maka Payakumbuh bisa jadi magnet wisatawan. Payakumbuh tidak lagi menjadi kota transit, tetapi sebagai kota tujuan.

"Insya Allah, jika elemen masyarakat, termasuk pemangku kebudayaan memiliki visi yang sama memajukan Payakumbuh, maka bukan mustahil Payakumbuh akan mendunia."

Baca juga: Festival Maek Hadirkan Peneliti Asing, Supardi: Kabut Peradaban Megalitik Maek harus Disibak

"Ini magnet untuk menarik pengunjung. Dan pada akhirnya menggerakkan roda perekonomian kota ini," tegas Supardi.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: