Bawaslu Padang Ungkap Kerumitan dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024

Kamis, 27 Juni 2024, 18:52 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Bawaslu Padang Ungkap Kerumitan dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024
Ketua Bawaslu Padang, Eris Nanda (tengah) didampingi Firdaus Yusri (Kordiv PPHM) dan Afriszal (Kordiv SDMO-D Bawaslu Padang) memberikan keterangan pers tentang Coklit Pilkada 2024, Kamis siang. (mangindo kayo)

PADANG (26/6/2024) - Bawaslu Padang mengaku tak memiliki dokumen data apapun, terkait tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada nasional serentak 2024 di tingkat Kota Padang.

"Memaksimalkan pengawasan pada pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih ini, kita memerintahkan pengawas kelurahan/desa (PKD) mengambil sampling di setiap TPS yang jadi wilayah kerjanya, per hari," ungkap Anggota Bawaslu Padang, Firdaus Yusri di Padang, Kamis siang.

Koordiantor Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (PPHM) Bawaslu Padang ini merasa tak habis pikir, KPU memberlakukan badan adhoc-nya secara ketat terkait data pemilih ini.

"PPK dan PPS serta Pantarlih, menandatangani Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang memasuki hari ketiga pemutakhiran," terang Firdaus.

Baca juga: Pj Wako Padang Ingatkan Camat dan Lurah; KPU dan Bawaslu Kecewa, Siap-siap Saya Kecewakan

"Dengan menandatangani SPTJM ini, badan adhoc KPU dilarang memberikan data pemilih ini pada pihak lain, termasuk ke Bawaslu yang notabene masih bagian dari penyelenggara pemilihan," tambah Firdaus.

Peliknya kendala ini, Firdaus Yusri berharap partisipasi aktif masyarakat, sebagai bagian dari upaya memaksimalkan pengawasan di tahapan Coklit ini.

"Masyarakat bisa mengadukan berbagai persoalan terkait Coklit ini ke Posko Kawal Hak Pilih di kantor Bawaslu Padang, Komplek Pondok Indah Pratama Blok A No 9, Kelurahan Jati, Kecamatan Padang Timur," terangnya.

"Pemilih juga bisa mengadukan di badan adhoc Bawaslu (Panwascam dan PKD) di daerah domisili pemilih," tambahnya.

Baca juga: PDIP, Perindo, Hanura dan PPP Sepakat Lanjutkan Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Adian Napitupulu jadi Ketua Tim

"Juga bisa melaporkannya secara daring melalui pesan whatsapp ke nomor telepon 082210702713."

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: