Supardi: Jangan Biarkan Generasi Muda Tercerabut dari Akar Budaya Minang

Kamis, 13 Juni 2024, 17:28 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Supardi: Jangan Biarkan Generasi Muda Tercerabut dari Akar Budaya Minang
Ketua DPRD Sumbar, Supardi bersama Jefrinal Arifin (Kadis Kebudayaan Sumbar) dan jajaran, foto bersama dengan peseta Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan Kota Payakumbuh Angkatan III di Bukittinggi, 8 Juni 2024. (humas)

PADANG (9/6/2024) - Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi mengajak semua pihak, terutama tokoh adat se Kota Payakumbuh untuk mambangkik batang tarandam.

Caranya, dengan menggali dan melestarikan budaya dan kesenian di Kota Payakumbuh terutama yang hampir punah.

"Ini adalah tugas kita bersama, bukan hanya pemerintah, tetapi juga tokoh adat dan budaya di Kota Payakumbuh," ungkap Supardi.

Hal itu dikatakan Supardi, saat membuka Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan Kota Payakumbuh Angkatan III di Bukittinggi, 8 Juni 2024.

Baca juga: Hidayat: Ranperda Pemajuan Kebudayaan Dibutuhkan Sumatera Barat yang Beragam

Kegiatan yang terselenggara melalui pokok-pokok pikiran anggota dewan melalui usulan Supardi tersebut digelar dari tanggal 8 hingga 10 Juni 2024.

Dikatakan Supardi, sebagai Ketua DPRD Sumbar, dirinya terus mendorong agar budaya, adat dan kesenian Payakumbuh bangkit dan dikenal semua kalangan, dengan menggelar festival bertaraf internasional.

Dikatakan Supardi, dari festival internasional itu terlihat, wisatawan dari luar negeri kagum dengan kesenian dan budaya Payakumbuh karena tidak ditemukan di daerah lain.

"Tentu ini jadi peluang untuk dilanjutkan. Kita kenalkan adat, budaya dan kesenian kita kepada generasi muda, sehingga lestari dan mereka tidak tercabut dari akar budayanya," urai dia.

Baca juga: Ranperda Pemajuan Kebudayaan Daerah, Hidayat: Kebhinekaan Telah Dijelaskan sejak Konsideran Menimbang

Dikatakan, Payakumbuh juga punya tradisi dan kesenian lama yang mungkin saja hampir punah dan langka.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: