Konsuler I KBRI Riyadh Apresiasi Rencana Penggunaan Nama Syekh Khatib Al Minangkabawi

Sabtu, 30 Maret 2024, 18:45 WIB | News | Internasional
Konsuler I KBRI Riyadh Apresiasi Rencana Penggunaan Nama Syekh Khatib Al Minangkabawi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama dengan anggota perkumpulan Mandeh Harmain (MaHa) di Istirohah Al Khosah, Riyadh, Arab Saudi, Jumat malam waktu setempat. (humas)

Dalam sambutannya, Ketua Mandeh Haramain (MaHa), Dinita Melani Sari Masoedy menyatakan rasa terimakasih atas kesediaan Gubernur Sumbar memenuhi undangan MaHa.

Menurut dia, ini menjadi sebuah anugerah dan kehormatan bagi MaHa sebagai komunitas perempuan di Saudi Arabia yang memiliki hubungan darah dengan Minangkabau.

"Komunitas ini beranggotakan mereka yang lahir dari orang tua keturunan Minang, atau mereka yang menikah dengan orang Minang."

Baca juga: Potensi Penghasilan Jutaan Rupiah, Padahal Cuma Jalankan 5 Ide Bisnis Ini

"Komunitas ini bertujuan untuk mengedukasi perempuan Minang di Saudi, serta perempuan asal Indonesia atau luar Indonesia lainnya, tentang kebudayaan Minang dan Indonesia itu sendiri," ucap Dinita.

MaHa, sambungnya, memiliki motto Ranah Mamanggia Rantau Manjawek. Motto tersebut merupakan wujud komitmen MaHa untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan di Sumbar.

"Kami sangat berharap dukungan Pemprov Sumbar agar cita-cita dari motto kami itu juga terealisasi," ujarnya lagi.

Sementara itu, Istri Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Lilis Nurul Husna berharap, perempuan Minang di Saudi terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan Sumbar.

Ia pun mengapresiasi kesediaan Gubernur Sumbar memenuhi undangan ke Saudi untuk mengikuti beberapa agenda.

Adapun Dubes RI untuk kejaraan Saudi, melalui Koordinator Perlindungan Warga PF Konsuler I KBRI Riyadh, Mahendra, menyebutkan, rencana penggunaan nama Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi sebagai nama baru Masjid Raya Sumbar sangat patut diapresiasi.

Mengingat, begitu besarnya peran Syekh Ahmad Khatib semasa hidupnya, sebagai Imam Besar Masjidil Haram.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Biro Adpim Sumbar

Bagikan: