Tips Mendongeng, Awam Prakoso: Pendongeng Terbaik itu Orang Tua Sendiri

Sabtu, 09 Januari 2016, 18:27 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Tips Mendongeng, Awam Prakoso: Pendongeng Terbaik itu Orang Tua Sendiri
Ketua Kampung Dongeng, Awam Prakoso bercengkrama dengan murid PAUD, TK, dan SD se-Pessel, dalam kegiatan mendongeng yang digelar Badan Pustaka dan Arsip Sumbar, Sabtu (9/1/2016) di Pantai Carocok, Painan. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Kampung Dongeng, Awam Prakoso menyampaikan, mengapa saat ini mendongeng untuk anak semakin minim dilakukan? Karena, masa sekarang ini problem dasarnya itu sebenarnya berada pada orangtua si anak itu sendiri.

"Sekarang ini, kan kebutuhan orang tua untuk menyibukkan diri guna memenuhi kebutuhan ekonomi yang kemudian memicu rasa malas akibat kelelahan. Untuk itulah, makanya kita di Kampung Dongeng berkomitmen untuk karena orang tua sudah terlalu lelah akibat bekerja seharian," ungkap Awam Prakoso usai kegiatan mendongeng yang digelar Badan Pustaka dan Arsip Sumbar, Sabtu (9/1/2016) di Pantai Carocok, Painan.

Dikatakan Awam, Kampung Dongeng akan terus menyerukan bahwa sebetulnya pendongeng yang baik adalah orangtua sendiri. (Baca: Mendongeng bersama Awam Prakoso, Alwis: Menularkan Kebiasaan Baik ke Anak-anak)

"Kita tengah menyiapkan pendongeng-pendongeng di setiap kampung-kampung, Insya Allah kita akan ada di setiap kampung," ujar Awam Prakoso dalam acara yang diikuti ratusan murid PAUD, TK dan SD di Pessel beserta guru-gurunya itu.

Baca juga: Tanamkan Nilai Positif Bagi Anak melalui Dongeng

Menurut Awam Prakoso, kemampuan guru dalam mendongeng di sekolah, untuk saat ini perkembangannya sudah semakin baik. Hal itu bisa dibuktikan, karena Kampung Dongeng sudah ada di beberapa daerah, dimana saat ini sudah ada 28 titik lokasi Kampung Dongeng di Indonesia.

"Jadwal kita sudah sangat padat, termasuk kita keliling-keliling ke sekolah-sekolah, dan ternyata teman-teman guru yang ikut berlatih mendongeng, jumlahnya bisa mencapai antara 300 sampai 500 orang," terangnya.

"Mereka semua antusias sekali mengikuti pelatihan-pelatihan mendongeng yang kami selenggarakan. Jadi, menurut saya, antusiasme para guru dalam mempelajari teknik mendongeng, bercerita, adalah sangat luar biasa. Insya Allah, antusiasme ini semakin lama akan semakin meningkat," tambahnya. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: