Kendalikan Inflasi, Gubernur Sumbar Kumpulkan TPID, Tinjau Gudang Bulog dan Cek Harga Sembako

Rabu, 06 Maret 2024, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kendalikan Inflasi, Gubernur Sumbar Kumpulkan TPID, Tinjau Gudang Bulog dan Cek Harga...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi meninjau gudang Bulog Sumbar di kawasan Mato Air, Padang, Selasa. (humas)

"Sebagaimana pembahasan dalam rapat dengan Bapak Mendagri, tingkat inflasi Sumbar pada Februari 2024 ada di angka 3,23 year on year (yoy), dan itu berada di atas inflasi nasional yang tercatat 2,75 yoy."

"Sebagai langkah strategis untuk mengatasi lonjakan inflasi ini, terlebih akan menjelang Ramadan, kita memerlukan sinergitas yang dirumuskan melalui strategi 4K, yaitu, Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distibusi, dan Komunikasi yang Efektif," kata dia.

Dia merincikan, strategi 4K tersebut akan diaplikasikan melalui beberpa aksi. Pertama, Penyelenggaraan operasi pasar murah secara efektif dan masif, terutama sekali di Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang dan Kota Bukittinggi sebagai empat daerah penyumbang inflasi tertinggi di Sumbar.

Baca juga: 2 Km Badan Jalan Nasional di Jalur Lintas Sumatera Lembah Anai Amblas

Kedua, Penguatan fungsi pengawasan dan pelaksanaan sidak pasar secara berkala untuk mengamati pasokan dan harga.

Aksi Ketiga, Penguatan kerja sama daerah dengan provinsi produsen serta mendorong kabupaten/kota di Sumbar meningkatkan kerja sama antardaerah.

Keempat, Memastikan kelancaran arus transportasi barang di jalur darat serta stabilitas harga tiket pesawat.

Kelima, Penguatan koordinasi antarprovinsi dengan kabupaten/kota terkait data luasan lahan pertanian terdampak bencana serta data kecukupan pangan.

Keenam, Penguatan komunikasi efektif untuk menjaga ekspektasi inflasi oleh masyarakat.

"Jabaran dari strategi 4K ini yang harus kita lakukan ke depan secara bersama-sama. Mudah-mudahan, kita dapat menjalani Ramadan dan Lebaran dalam suasana yang aman, nyaman, dan kondusif, dan tidka terganggu oleh hal-hal seperti lonjakan harga dan kelangkaan bahan pangan," ucap dia.

Dalam pertemuan yang dihadiri para Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Sumbar serta jajaran OPD di lingkup Pemprov Sumbar tersebut, juga ikut memberikan paparan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Kakanwil Bulog Sumbar, serta Kakanwil BI Provisi Sumbar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: