Kendalikan Inflasi, Gubernur Sumbar Kumpulkan TPID, Tinjau Gudang Bulog dan Cek Harga Sembako

Rabu, 06 Maret 2024, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kendalikan Inflasi, Gubernur Sumbar Kumpulkan TPID, Tinjau Gudang Bulog dan Cek Harga...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi meninjau gudang Bulog Sumbar di kawasan Mato Air, Padang, Selasa. (humas)

PADANG (6/3/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyebutkan, dari peninjauan ke Pasar Raya Padang, ditemukan kenaikan harga sejumlah komoditi seperti beras dan cabai merah.

Namun, untuk ketersediaan barang, Mahyeldi memastikan sudah mencukupi untuk menyambut Ramadhan serta momentum Lebaran sebulan setelahnya. Namun demikian, langkah strategis tetap disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan.

"Seperti cabai, itu stoknya tersedia dan sebagian ada yang di perjalanan. Ini tugas kita menjaga kelancaran arus barangnya. Begitu pun beras. Hanya mungkin minyak goreng yang agak menipis, sehingga kita akan komunikasi dengan produsen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait minyak goreng ini," kata Mahyeldi, Selasa.

Hal itu dikatkan Mahyeldi beserta jajaran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumbar meninjau harga komoditi pangan di Pasar Raya Padang.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Setelah inspeksi mendadak (sidak), Mahyeldi lalu memimpin High Level Meeting (HLM) TPID Sumbar yang dengan fokus bahasan Strategi Pengendalian Inflasi Menjelang Ramadan dan Idulfitri 1445 H, bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumbar.

"Hari ini kita sengaja menginspeksi pasar, untuk melihat dan mengetahui secara langsung ketersediaan bahan pangan serta bagaimana harganya."

"Ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan informasi yang rill, sehingga dapat memperkuat kita dalam mengambil dan menerapkan kebijakan untuk mengantisipasi inflasi dan lonjakan harga bahan pangan selama Ramadan dan Lebaran tahun ini," ujar Mahyeldi.

Usai inspeksi pasar, dalam High Level Meeting TPID Sumbar di Kantor Perwakilan BI Sumbar, dia menyampaikan bahwa inspeksi pasar dan HLM TPID Sumbar yang digelar pada hari bersamaan tersebut merupakan tindak lanjut atas arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dalam rapat di Jakarta, 4 Maret 2024.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Rapat ini membahas kesiapan daerah dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024 ini.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: