Perkuat Eksistensi Pekansikawan, Pekanbaru dan Kampar Jalin Kerjasama Meteorologi

Kamis, 15 Februari 2024, 23:30 WIB | Bisnis | Kota Pekanbaru
Perkuat Eksistensi Pekansikawan, Pekanbaru dan Kampar Jalin Kerjasama Meteorologi
Penandatanganan nota kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Kampar dalam bidang perdagangan, Kamis. (humas)

PEKANBARU (15/2/2024) -- Pemko Pekanbaru dan Pemkab Kampar jalin kerjasama meteorologi untuk alat tera mengatur standar timbangan.

"Kedua belah, pihak nantinya bisa saling pinjam alat tera dan lakukan pengawasan bersama," ungkap Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis.

Hal itu diungkapkan Zulhelmi usai penandatanganan nota kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Kampar dalam bidang perdagangan.

"Karena sudah ada MoU sebelumnya, kita tandatangan kerjasamanya. Dengan daerah Pekansikawan (Pekanbaru, Kampar dan Pelalawan)," kata dia.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dikerjasamakan dalam bidang perdagangan.

Terutama dalam upaya pengendalian inflasi dan menjamin ketersediaan bahan pokok dari daerah penghasil.

Pria yang akrab disapa Ami ini memberi contoh, pasokan ayam potong di Pekanbaru 85 persen didatangkan dari daerah Kabupaten Kampar dan Pelalawan.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan bisa saling berkomunikasi dan menjamin ketersediaan pasokan yang masuk.

"Dari informasi yang kami dapat dari pedagang, jadi kandang besarnya itu di sana. Jadi dengan kerjasama kita harapkan bisa lakukan pengawasan sampai ke hulunya," terang Ami.

Mereka juga mengantisipasi lonjakan harga jelang masuknya bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Karena, Pekanbaru sendiri bukan daerah penghasil dan Ami menilai, harus banyak kolaborasi dengan berbagai pihak lainnya. (*)

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: