200 UMKM Pekanbaru Lolos Seleksi Penerima Subsidi Bunga, Target 1000 Pengusaha

Rabu, 14 Februari 2024, 09:15 WIB | Bisnis | Kota Pekanbaru
200 UMKM Pekanbaru Lolos Seleksi Penerima Subsidi Bunga, Target 1000 Pengusaha
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru, Sarbaini.

PEKANBARU (13/2/2024) - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru, Sarbaini mengungkapkan, 200 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinyatakan lulus atau memenuhi persyaratan sebagai penerima program subsidi bunga pinjaman bank.

"Pemko Pekanbaru di tahun 2024 ini, menargetkan 1.000 UMKM jadi peserta program subsidi bunga pinjaman ini," ungkap Sarbaini di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan, secara keseluruhan, yang mendaftar sudah ada sekitar 400 UMKM. Namun, yang memenuhi persyaratan, itu baru sekitar 200 UMKM.

Ia menyampaikan, BI Checking atau layanan informasi untuk mengetahui riwayat atau jejak skor kredit atau pinjaman debitur, masih jadi kendala bagi pelaku UMKM untuk bisa mendapatkan bantuan subsidi bunga pinjaman bank.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang Bandara SSK II Naik 15 Persen

"Karena BI Checking ini kan sistemnya online. Ketika pelaku UMKM sudah meminjam di bank lain, tentu pihak BPR (Bank Perkreditan Rakyat) tidak bersedia mengucurkan dana. Itu kendala yang paling banyak," ungkapnya.

Sementara itu, bagi pelaku UMKM yang dinyatakan memenuhi persyaratan, mereka akan direkomendasikan ke BPR agar bisa diberikan pinjaman sebesar Rp5 sampai Rp15 juta.

"Nantinya, dari suku bunga normal 12 persen, seluruhnya ditanggung Pemko Pekanbaru," terangnya.

"Kalau tahun 2023 lalu, subsidinya hanya 9 persen. Kalau tahun 2024 ini, ditanggung seluruhnya, 12 persen. Jadi 0 persen bunganya," terang Sarbaini.

Baca juga: Rangkaian Lampu Colok Raksasa Menyala di Lapangan MPP Pekanbaru, Ini Kata Muflihun

Seperti diketahui, di 2024 ini Pemko Pekanbaru kembali memberikan bantuan subsidi bunga pinjaman bank kepada pelaku UMKM untuk keperluan pengembangan usaha.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: