4 Tempat Liburan di Pesisir Selatan Sumbar, 3 Diantarnya Wisata Air

Rabu, 24 Januari 2024, 10:25 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
4 Tempat Liburan di Pesisir Selatan Sumbar, 3 Diantarnya Wisata Air
Sarasah Batuang Puluik Puluik (foto: Google Maps/Manish Bhansali)

Lokasinya di Jalan Koto Baru, Indarung, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Berikut beberapa ulasan dari para pengguna Google Maps seperti Erwin Mayunda yang berkunjung ke lokasi 5 bulan lalu.

"Wisatawan juga dapat mendaki ke atas air terjun ini dengan sedikit perjuangan dan usaha yang lebih, menemukan kolam-kolam alami dan pemandangan panorama," timpal Thohir M pada ulasan lainnya.

2. Terowongan Belanda Salido Ketek

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

Kedua, Terowongan Belanda Salido Ketek yang beralamat di Kenagarian Tambang, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan ini merupakan peninggalan Belanda berupa PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Area ini seringkali dijadikan sebagai area pemandian dengan benen, sungainya cukup deras dan banyak diminati wisatawan. Tidak hanya itu, di bagian bawahnya juga terdapat bekas area pertambahan emas jaman Belanda.

Jadi jika berkunjung ke lokasi tersebut, kamu dapat mandi benen di Terowongan Belanda Salido Ketek dan melihat bukti sejarah masa lalu pada area pertambangan emas sejak jaman penjajahan.

Konon ceritanya dulu ketika Belanda kalah perang oleh Jepang dan mereka mundur dari penjajahan Indonesia, banyak warga setempat yang menyelundupkan emas di sekitar area.

Karena itu lah pada beberapa tahun lalu sebelum tempat wisata ini resmi dibuka untuk umum, banyak pelancong iseng dengan membongkar area Filla demi menemukan sebongkah emas meski sekarang sudah tak adalagi.

3. Negeri di Atas Awan Pancuang Taba

Selanjutnya, Negeri di Atas Awan Pancuang Taba adalah satu-satunya tempat wisata di Pesisir Selatan yang menurut TikTok @lutfialmahdii tidak ada area pemandiannya karena areanya daratan.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: