Raflis Paparkan 18 Inovasi untuk Perkuat Keterbukaan Informasi di MAN 2 Pessel

Rabu, 08 Mei 2024, 21:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Raflis Paparkan 18 Inovasi untuk Perkuat Keterbukaan Informasi di MAN 2 Pessel
Kabag Persidangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir mewakili Sekwan, Raflis, usai memasangkan selendang Duta Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di MAN 2 Pesisir Selatan, Senin. (humas)

PESSEL (6/5/2024) - Sekretariat DPRD Sumbar, dalam berapa tahun ini telah jadi OPD terinformasi. Juga terus mengembangkan diri dalam kegiatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) hingga ke tingkatan out came (dampaknya), tak lagi sekadar out put.

"Pengelolaan, penyelenggaraan informasi publik setiap badan publik itu penting dalam menjaga intergritas badan publik, kepercayaan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih," ungkap Kabag Persidangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir.

Hal itu disampaikan Zardi Syahrir saat mewakili Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis pada kegiatan pengukuhan Duta Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di MAN 2 Pesisir Selatan, Senin.

Menurutnya, informasi publik merupakan hak azasi manusia, namun pengelolaan informasi secara baik merupakan dan benar sesuai UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca juga: Komisi III DPRD Kepri Cari Tahu Kiat Pembangunan Infrastruktur ke DPRD Sumbar

Dalam beleid ini, juga diantar tentang informasi yang dikecualikan dan Komisi Informasi (KI) sebagai penyelenggaraan aturan dalam sengketa informasi publik.

"Penyelenggaraan pengelolaan informasi publik adalah upaya meningkatkan partisipasi publik, mencerdaskan, meningkatkan kepercayaan dan tak kalah pentingnya adalah semangat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Dikatakan, saat ini DPRD Sumbar sebagai penghimpun, menerima dan menjalan fungsi pengawasan dan aspirasi masyarakat, juga jadi kunjungan literasi, pembelajaran bagi pelajar, siswa, mahasiswa dan masyarakat.

"Dengan 18 inovasi yang dilakukan seperti penerimaan tamu secara digital, perpustakaan digital, agenda digital, penyebarluasan informasi melalui kerjasama media dan pengelolaan media sosial serta masjid Asy Syura sebagai fasilitas beribadah," pungkasnya.

Baca juga: Komisi I dan II DPRD Kepulauan Meranti Pelajari Hal Ini ke DPRD Sumbar

Raflis merasa bangga dan senang adanya duta-duta KIP di MAN 2 Pessel. Karena, mereka nantinya akan jadi pejuang pengelolaan informasi publik untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat juga berperan penting menjaga keutuhan NKRI.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: