200 Bibit Buah-buahan Ditanam di Areal Seluas 2 Ha di Simalungun, Ini Kata Gubernur Sumut

Selasa, 16 Januari 2024, 15:22 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
200 Bibit Buah-buahan Ditanam di Areal Seluas 2 Ha di Simalungun, Ini Kata Gubernur Sumut
Pj Ketua TP PKK Sumut, Dessy Hassanudin didampingi Hassanudin (gubernur Sumut), Hanif Faisol Nurofi (Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan) pada kegiatan penanaman pohon serentak di Kabupaten Simalungun, Ahad (14/1/2024). (humas)

Di tempat berbeda, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin juga memimpin kegiatan penanaman pohon serentak se-Indonesia tersebut.

Dalam sambutannya, yang disampaikan secara daring dari lokasi penanaman di Banten, KH Ma'ruf Amin mengatakan, masalah lingkungan hidup bukan hanya masalah kemanusiaan, tapi juga tanggungjawab keagamaan.

Kerusakan lingkungan tidak hanya berdampak pada sekitar, tapi juga berdampak pada dunia.

Baca juga: Halal Bihalal Pujakusuma Sumut, Pj Gubernur: Jaga Kekompakan

"Terjadi masalah pulau tenggelam, banyak terjadi banjir karena kerusakan lingkungan, oleh karena itu menurut pandangan agama, masalah kerusakan ini harus diperbaiki," kata Wapres.

Selain itu, dikatakan KH Ma'ruf Amin, menanam pohon merupakan perintah agama. Bahkan Nabi Muhammad juga memerintahkan umatnya untuk menanam pohon.

"Oleh karena itu, kita menanam pohon juga dalam rangka melaksanakan perintah Nabi Muhammad."

"Jadi ini yang saya ingin ajak pada masyarakat, Insya Allah kita akan jadikan hari ini sebagai momentum starting point untuk kita mulai satu kehidupan lebih baik. Lebih bersih lebih sejahtera," kata dia.

Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) pun mengapresiasi dukungan Pemprov Sumut atas kegiatan penanaman serentak tersebut. Kedepan, penanaman secara serentak akan terus dilakukan hingga April 2024.

"Saya apresiasi dan terimakasih Bapak (Pj Gubernur) selalu mengawal kegiatan ini dan berkenan hadir untuk kita semua," kata Menteri KLHK Siti Nurbaya, dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Hanif Faisol Nurofi saat penanaman di Simalungun.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pj Ketua TP PKK Sumut, Dessy Hassanudin, Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga, Asisten Administrasi Umum, Lies Handayani, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Muttaqien Hasrimi dan Kepala Biro Umum, Dedi Jaminsyah Putra.(*)

Halaman:
1 2
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: