Mau Sukses Berbisnis, Pengusaha Wajib Hindari Faktor Ini!

Selasa, 31 Oktober 2023, 13:04 WIB | Bisnis | Nasional
Mau Sukses Berbisnis, Pengusaha Wajib Hindari Faktor Ini!
Ilustrasi faktor penyebab kegagalan wirausaha dalam berbisnis. (Foto: Canva/Pinterest)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BERBISNIS merupakan impian banyak orang, namun tidak semua orang mampu mewujudkan impian tersebut. Banyak yang gagal, bahkan bisnisnya sampai gulung tikar akibat faktor kegagalan wirausaha.

Dilansir dari kanal Youtube Kelas Bisnis, faktanya 90 persen usaha mikro kecil dan menengah bertahan tidak lebih dari 5 tahun. Di mana ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis.

Nah beberapa di antaranya adalah faktor internal seperti kurangnya jiwa wirausaha. Bahkan faktor eksternalnya juga dapat mempengaruhi, misalnya perubahan ekonomi tidak terduga.

Sehingga dengan memahami faktor kegagalan wirausaha, kamu bisa mengambil langkah-langkah untuk menghindari risiko tersebut. Sebab pada sejatinya orang yang berhasil adalah mereka yang paham dengan apa yang dijalankan.

Baca juga: Peluang Bisnis yang Tidak Ada Matinya! Pengangguran Harus Coba Ini

Jadi jika kamu banyak melihat orang yang gagal, atau bangkrut dengan usahanya. Itu artinya ada yang salah dengan cara menjalankannya. Kamu tidak bisa langsung eksekusi hanya karena kamu sudah punya cukup modal.

Atau kamu tidak bisa langsung eksekusi hanya karena punya lokasi yang strategis. Ada hal-hal yang tetap harus kamu perhatikan, untuk menghindari risiko, dan kebanyakan orang gagal karena tidak tahu apa saja penyebabnya.

Maka dari itu, berikut ini beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab hancurnya suatu bisnis atau usaha yang dijalankan.

5 Faktor Penyebab Gagalnya dalam Berbisnis

1. Keterbatasan Modal

Baca juga: Tinggal di Pedesaan Raup Penghasilan Rp300 Ribu/Hari, Cobain Peluang Usaha Ini

Keterbatasan modal adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kegagalan wirausaha. Di mana modal digunakan untuk membeli bahan baku, membayar gaji karyawan, biaya pemasaran, biaya tempat, serta kebutuhan operasional lainnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: