Ini 3 Rekomendasi KPID Sumbar di Rakernas Tahun 2023

Jumat, 11 Agustus 2023, 18:08 WIB | News | Nasional
Ini 3 Rekomendasi KPID Sumbar di Rakernas Tahun 2023
Komisioner KPID Sumbar, Robert Cennedi, Edra Mardi, Baldi Pramana, Dasrul dan Ficky Tri Saputra foto bersama di sela Rakernas KPID se-Indonesia di Pulau Bintan, Kepri, Jumat. (istimewa)

BINTAN (11/8/2023) - Rapat kerja nasional (Rakernas) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) se-Indonesia diikuti komisioner dari 33 provinsi di Indonesia. Rakernas yang digelar di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau itu, KPID Sumbar membawa agenda 3 rekomendasi krusial.

Komisioner KPID Sumbar, Dasrul, didaulat membacakan rekomendasi dari Sumbar pada Rakernas yang akan berakhir pada 13 Agustus 2023 itu.

Pertama, mendesak KPI dan pemerintah pusat, memperkuat kelembagaan KPID terutama soal jaminan alokasi anggaran pada APBD di masing-masing provinsi.

"Hal ini disebabkan, tidak adanya aturan yang mengikat pemerintah daerah, untuk mengalokasikan anggaran KPID setiap tahunnya," kata Dasrul membacakan hasil rekomendasi.

Baca juga: Informasi Salah Bertebaran, KPID Sumbar: Pemerintah Butuh Lembaga Penyiaran Publik Lokal

Kedua, ketiadaan kepastian anggaran tersebut dijadikan isu nasional, ungkap Dasrul, harus dibuktikan dengan gerakan bersama untuk menyelamatkan lembaga KPID.

Ketiga, terkait ASO. Mendesak KPI dan pemerintah pusat untuk memberikan teguran pada pemegang muc, untuk melengkapi sarana dan infrastruktur, agar tidak ada lagi daerah yang tidak mendapatkan siaran televisi digital.

Dasrul berharap, tiga rekomendasi yang merupakan masalah faktual KPID dan masyarakat ini, diterima dan dijalankan secara bersama-sama oleh para pihak terkait.

Rakernas tahun 2023 ini dihadiri enam orang komisiner KPID Sumbar yakni Eka Jumiarti, Robert Cennedi, Edra Mardi, Baldi Pramana, Dasrul dan Ficky Tri Saputra. (*)

Baca juga: Pemahaman Penyiar masih Rendah, KPID Sumbar Gelar Bintek P3SPS di Sawahlunto

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: