Ingin Langsung Lulus Ujian Praktik SIM C, Ini Tips dari Kapolresta Pekanbaru

Rabu, 09 Agustus 2023, 09:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Pekanbaru
Ingin Langsung Lulus Ujian Praktik SIM C, Ini Tips dari Kapolresta Pekanbaru
Kapolresta Pekanbaru, Kombes Jefri RP Siagian menjajal lintasan ujian SIM C dengan pola S di RSDC Rumbai, Selasa. (humas)

PEKANBARU (8/8/2023) - Kapolresta Pekanbaru, Kombes Jefri RP Siagian menjajal lintasan ujian SIM C dengan pola S. Ini merupakan pengganti model angka 8 dari ujian praktek sebelumnya.

Mengendarai sepeda motor dinas Polri merk Honda Vario, Kombes Jefri terlihat trengginas mengendarai motor matic tersebut, sembari memberi contoh pada warga Pekanbaru yang akan mengikuti ujian praktek SIM pada Selasa itu.

Dikatakan, ada tiga poin yang diubah pada ujian praktek SIM C. Pertama, perubahan lintasan jadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar, tanpa materi zig-zag serta slalom test.

Kedua, uji membentuk angka 8 diganti dengan huruf S. Ketiga, untuk ukuran jalur diperlebar dari satu setengah kali lebar kendaraan jadi dua setengah kali lebar kendaraan.

Baca juga: Unit Tipidter Satreskrim Polresta Pekanbaru Periksa SPBU di Arifin Ahmad

"Untuk melaksanakan uji praktek SIM C ini, Polresta Pekanbaru telah menyiapkan dua jenis motor untuk digunakan peserta, yakini jenis metik dan manual," ungkap Kombes Jefri.

Dengan sosialisasi perubahan materi uji praktik SIM C ini, warga Pekanbaru sudah bisa mengikuti ujian di RSDC Rumbai.

"Kita menindaklanjuti dan segera memperkenalkan metode praktik yang baru ke masyarakat untuk ujian praktek pembuatan SIM," ucap perwira menengah jebolan Akpol 1998 itu.

Menurut Kombes Jefri, untuk mengikuti uji praktik SIM, pihaknya telah menyiapkan instruktur yang akan menjelaskan, memperagakan serta memberikan klinik pembinaaan bagi para peserta uji.

Baca juga: 45 Motor Terjaring dalam Operasi Bule Light Patrol Polresta Pekanbaru

"Tempat yang cukup memadai dan track yang akan dilalui oleh peserta sudah siap. Petugas, pelatih memperagakan bagaimana cara untuk melewati ujian ini," tuturnya.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: