Banjir dan Longsor Sijunjung, Mahyeldi Salurkan Bantuan Senilai Rp400 Juta Lebih

Kamis, 09 Mei 2024, 13:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Sijunjung
Banjir dan Longsor Sijunjung, Mahyeldi Salurkan Bantuan Senilai Rp400 Juta Lebih
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan secara simbolis beras pada korban banjir dan longsor di Padang Sibusuak dan Kampuang Baru, Kecamatan Kupitan, Rabu. (humas)

SIJUNJUNG (8/5/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi salurkan bantuan senilai Rp400 juta lebih, yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, Baznas, dan para perantau untuk korban banjir di Kabupaten Sijunjung.

"Sebelumnya, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi juga telah datang menyalurkan bantuan beberapa jam setelah kejadian bencana yang menimpa saudara-saudara kita di sini," ucap Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat meninjau dampak bencana banjir dan longsor di Padang Sibusuak dan Kampuang Baru, Kecamatan Kupitan, Rabu.

Dari peninjauan tersebut, diketahui jumlah warga terdampak oleh bencana banjir setidaknya mencapai 147 Kepala Keluarga (KK).

Baca juga: Menko Perekonomian Nobatkan Sumbar jadi Nominator TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

Sebanyak lima unit rumah mengalami kerusakan berat, sehingga perlu penanganan segera karena untuk sementara keluarga yang menghuni rumah-rumah tersebut menumpang tinggal di rumah sanak famili masing-masing.

"Rumah rusak berat ini yang kita carikan solusinya sesegera mungkin. Hari ini, Baznas Provinsi Sumbar dan Baznas Kabupaten Sijunjung juga hadir bersama kita dan menyalurkan bantuan perbaikan rumah senilai Rp100 juta," ungkap Mahyeldi.

"Tentu belum cukup, dan itu yang kita cari jalan penyelesaiannya. Terpenting, warga kita sabar, tetap tawakkal, dan tenang. Insya Allah ada jalan keluarnya," tambahnya.

Dikesempatan itu, juga disalurkan bantuan yang disiapkan Dinsos Sumbar. Terdiri dari beras reguler sebanyak 1,3 ton dengan nilai Rp14,258 juta serta bantuan logistik senilai Rp10,696 juta.

Baca juga: 120 Peserta Workshop Ikuti Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS, Ini Harapan Ismunandi Syofyan

Selain itu, Mahyeldi juga menyalurkan bantuan dari para perantau Padang Sibusuak di Kota Padang senilai Rp15 juta.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: