Razia Penginapan, Satpol PP Pekanbaru Amankan Puluhan Orang Tanpa Ikatan Pernikahan

Senin, 31 Juli 2023, 17:52 WIB | Kabar Daerah | Kota Pekanbaru
Razia Penginapan, Satpol PP Pekanbaru Amankan Puluhan Orang Tanpa Ikatan Pernikahan
Kepala Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian

PEKANBARU (31/7/2023) - Kepala Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengatakan, Pemko Pekanbaru belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) untuk menindak dan memberikan sanksi hukum pada pelaku Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Namun, Satpol PP Pekanbaru telah secara berkesinambungan melakukan razia di sejumlah wisma dan penginapan yang diduga menjadi tempat aktivitas penyimpangan tersebut.

"Sepanjang razia, tidak ditemukan tertangkap tangan pelaku LGBT. Kita hanya mengamankan sejumlah pasangan tanpa status perkawinan," ungkap Zulfahmi di Pekanbaru, Senin.

Namun, apabila ditemukan pelaku LGBT, akan dilakukan penindakan secara persuasif terlebih dulu.

Baca juga: Muflihun: PPDB Harus Zero Pungli

"Kalau ada, akan kita lakukan pendataan dulu, kemudian kita lakukan pembinaan dan menegur agar tidak mengulangi perbuatannya."

"Karena memang Perdanya belum ada, kita hanya menggunakan Perda No 13 Tahun 2021 tentang Ketertiban Umum, razia dilakukan sesuai adanya dugaan atau laporan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, Pemko Pekanbaru sangat mendukung upaya untuk mencegah pelaku LGBT menyebar di Kota Bertuah. Saat ini, pembicaraan mengenai pembuatan Perda sedang di proses di tingkat kepala daerah.

"Jika sudah terbentuk, Satpol PP Pekanbaru siap menjalankan seusai Perda yang berlaku," pungkasnya.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang Bandara SSK II Naik 15 Persen

Belasan Orang Dijaring

Sementara itu, pada Ahad dinihari, Zulfahmi Adrian memimpin langsung penertiban ke sejumlah tempat hiburan malam dan penginapan.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: