Pensiunan Tetap Ngecuan! Ini 5 Peluang Usaha Menjanjikan di Usia Senja

Selasa, 25 Juli 2023, 12:07 WIB | Bisnis | Nasional
Pensiunan Tetap Ngecuan! Ini 5 Peluang Usaha Menjanjikan di Usia Senja
Ilustrasi ide usaha paling menjanjikan bagi pensiunan kerja. (Foto: Pinterest/Canva)

3. Usaha Franchise

Ketimbang harus mendirikan merek sendiri dan berjuang untuk mengenalkannya ke publik, di usia usia senja memilih untuk membeli waralaba atau franchise lebih bagus.

Bisnis waralaba merupakan salah satu bisnis yang berjalan antara pemilik brand atau merek dan pemodal. Di mana pemodal akan membeli waralaba, dan pemilik merek akan memberikan hak untuk menjalankan usaha ke pemodal.

Selain itu pemilik merek juga akan memberikan standar operasional prosedur. Dalam bisnis waralaba, pemilik brand bertugas menyediakan training ke karyawan, bahan baku, pembuatan produk, serta melakukan pemasaran.

Sementara, kamu sebagai pemodal tinggal jualan saja sesuai dengan standar operasional prosedur yang diarahkan oleh pemilik brand saat kamu memutuskan utuk membeli waralaba.

4. Usaha agrobisnis

Usaha agrobisnis juga tidak berbeda jauh dengan peternakan keduanya sangat cocok untuk pensiunan. Apalagi jika kamu memiliki lahan kosong yang cukup luas.

Kamu bisa menanaminya dengan tanaman-tanaman yang laku untuk dijual seperti cabai, tomat, terong, mentimun, palawija, dan masih banyak lainnya.

Kalaupun kamu tidak memiliki lahan yang luas cobalah untuk menyewa lahan dari orang lain, untuk memulai usaha agrobisnis. Usaha ini menguntungkan dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya.

Dulu kamu bekerja, sekarang kamu mempekerjakan orang lain. Percayalah besar pahala bagi orang-orang yang berbuat baik selama hidupnya.

5. Menjadi Konsultan

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: