TMMD ke117 Agam Dibuka, Rehab 4 Unit RTLH dan Pembukaan Jalan 3 Km jadi Target

Rabu, 12 Juli 2023, 17:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
TMMD ke117 Agam Dibuka, Rehab 4 Unit RTLH dan Pembukaan Jalan 3 Km jadi Target
Sekda Agam, Edi Busti serahkan kesepakatan bersama antara Bupati Agam dengan Dansatgas TMMD/N, usai upacara pembukaan TMMD ke-117 di Lapangan Pandam Simarasok, Kecamatan Baso, Rabu. (humas)

AGAM (12/7/2023) -- Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Agam yang dipusatkan di Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, berhasil membuka akses jalan sepanjang 3 Km.

Selain itu, kegiatan fisik lainnya yang dilakukan yakni pengecoran jalan terserbut sepanjang 300 hingga 400 meter. Juga dilakukan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 4 unit rumah warga setempat.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar yang diwakili Sekda Agam, Edy Busti menyampaikan, program TMMD merupakan upaya untuk memberdayakan nagari dengan sasaran meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik terdiri atas pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang jadi kebutuhan masyarakat, rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Untuk pembangunan sasaran fisik, terutama pembukaan akses jalan baru.

Baca juga: Korban Banjir Bandang di Agam Butuhkan Air Bersih, Toilet dan Perbaikan Infrastruktur, Ini Kata Kemenpupr

"Diharapkan, keterisolasian suatu daerah ke daerah lainnya menuju pusat pertumbuhan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian daerah," ucap Edi Busti saat membacakan sambutan gubernur Sumbar saat pembukaan di Nagari Simarasok, Rabu.

Diharapkan, TMMD ke-117 ini akan mencapai hasil maksimal, sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema "sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan tni- rakyat semakin kuat."

Sementara, Dandim 0304/Agam, Letkol Czi Renggo Yudi Ariesko dalam tinjauan lapangan menyebutkan, pembukaan akses jalan sepanjang 3 Km diharapkan bisa memperlancar sarana transportasi dan bermanfaat untuk masyarakat setempat.

"Untuk rehab RTLH sebanyak 4 unit rumah, proses pengerjaannya dilakukan TNI bersinergi dengan unsur masyarakat, pemerintah daerah dan pihak lainnya," ungkap Letkol Renggo.

Baca juga: Kementrian PUPR Siapkan 200 Rumah untuk Relokasi Warga Agam di Lokasi Rawan Bencana

"Untuk rehab RTLH, Pemkab Agam memberikan bantuan sebesar Rp12 juta untuk masing-masingnya," tambah Sekretaris Dinas Perkim Agam, Rudi, yang hadir dalam tinjauan lapangan TMMD ke-117 itu.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: