Fateta Unand Gelar ICSAB Kelima; 174 Makalah Dipresentasikan, 5 Guru Besar jadi Pembicara Kunci

Jumat, 25 November 2022, 14:09 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Fateta Unand Gelar ICSAB Kelima; 174 Makalah Dipresentasikan, 5 Guru Besar jadi Pembicara...
Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Unand) menaja konferensi internasional tentang Pertanian Berkelanjutan dan Biosistem atau International Conference on Sustainable Agriculture and Biosystem (ICSAB) 2022, secara webinar, Kamis (24/11/2022).

Metode riset dilakukan berdasarkan lintasan pengolahan tanah yang berbeda. "Itu hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kapasitas lapangan efektif dan teoritis, efisiensi lapangan, jam tenaga kerja, konsumsi bahan bakar, dan kecepatan operasi," imbuhnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa 80,7% dari total waktu yang dihabiskan untuk operasi olah tanah aktual sementara 17% dan 2,3% dari total waktu operasi dihabiskan untuk memutar dan membalikkan, masing-masing.

"Hasil juga menunjukkan yang tertinggi kontribusi terhadap pengeluaran energi adalah energi bahan bakar yang mewakili 90,99% dari total energi. Itu perkiraan energi manusia dari metode konvensional berbasis waktu berbeda secara signifikan dari energi manusia yang diperoleh melalui pengukuran langsung dengan Garmin," tandasnya. (rls/kyo)

Halaman:
1 2 3 4

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: