Sumbar Targetkan Indeks SAKIP Predikat A, Sekda: Patuhi 10 Rekomendasi Kemenpan RB

Sabtu, 04 Mei 2024, 10:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Targetkan Indeks SAKIP Predikat A, Sekda: Patuhi 10 Rekomendasi Kemenpan RB
Sekdaprov Sumbar, Hansastri membuka kegiatan Pra Evaluasi SAKIP Sumatera Barat, di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Jumat. (humas)

PADANG (3/5/2024) - Sekdaprov Sumbar, Hansastri mengungkapkan, hasil dari evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2023, menghasilkan predikat BB dengan nilai 78,34.

"Angka ini hanya meningkat 0,57 poin dari penilaian tahun 2022. Selain itu, predikat BB ini sudah sembilan kali secara beruntun diperoleh. Untuk penilaian tahun 2024 ini, hasilnya harus jauh lebih baik. Tagetnya raih predikat A," tegas Hansastri.

Hal itu disampaikan Hansastri, saat membuka kegiatan Pra Evaluasi SAKIP Sumatera Barat, di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Jumat.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Asisten III Setdaprov Sumbar, Andri Yulika, serta segenap pimpinan OPD di lingkup Pemprov Sumbar.

Baca juga: Reformasi Birokrasi Pemprov Sumbar Tahun 2023 Raih Predikat Sangat Baik, Ini Pesan Gubernur

Desakan agar melahirkan hasil lebih baik, tak lepas dari diterimanya 10 rekomendasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) agar indeks SAKIP Sumbar terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Sepuluh rekomendasi Kemenpan RB ini, seluruhnya bermuara untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Sumbar. Oleh karena itu, seluruh OPD di lingkup Pemprov diminta untuk meningkatkan peran," terang dia.

Seluruh OPD, menurut Hansastri, harus memastikan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan penilaian terhadap pelaksanaan SAKIP di Sumbar.

"Asistensi pelaksanaan SAKIP ini, diharapkan semakin mewujudkan kinerja yang berkualitas, dapat berkolaborasi untuk mencapai sasaran penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan terus melakukan penganggaran yang efektif dan efisien," harap Hansastri.

Baca juga: Reformasi Birokrasi Payakumbuh Raih Predikat Sangat Baik, Ini Pesan Wali Kota

Pemprov Sumbar, sambungnya, diharapkan dapat meraih predikat A pada penilaian SAKIP tahun 2024, karena sudah sembilan tahun berturut-turut stagnan pada predikat BB.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: