Wagub Sumbar Tinjau Lokasi Pascabencana Pessel dan Padang Pariaman

Kamis, 02 Mei 2024, 22:25 WIB | News | Kab. Padang Pariaman
Wagub Sumbar Tinjau Lokasi Pascabencana Pessel dan Padang Pariaman
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau penanganan bencana di Sumbar pada 16 Maret 2024 lalu. (humas)

PESSEL (2/5/2024) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy berharap, seluruh stakeholder dan masyarakat, ikut turun tangan membantu pemulihan pascabencana di Kabupaten Pessel dan Padang Pariaman.

"Dampak kerusakan yang timbul akibat bencana banjir dan longsor beberapa waktu lalu cukup banyak," ungkap Audy Joinaldy.

Hal itu dikatakan Audy, usai melakukan peninjauannya ke sejumlah titik lokasi kejadian banjir dan longsor di dua kabupaten tersebut, Rabu.

Selain fasilitas umum, terang dia, hunian masyarakat juga banyak yang rusak. Dia berharap, selain pemerintah, bantuan dari berbagai pihak tetap mengalir hingga warga terdampak bisa kembali beraktivitas normal.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

"Sebelumnya, saat Bapak Menko PMK berkunjung ke Pessel dan Padang Pariaman, ini juga sudah ditegaskan, bahwa pemulihan di sektor kesehatan teramat penting untuk kita segerakan," terangnya.

"Sebab, kita khawatir berbagai penyakit lebih mudah menyerang warga yang notabene masih dalam masa pemulihan dan trauma pascabencana," ujar Audy.

"Kita sudah berbincang dengan sejumlah warga yang terdampak bencana, menyemangati mereka, mendengar keluhan serta harapan dan kita memastikan bahwa perhatian Pemprov Sumbar tidak akan pernah kendor hingga segala sesuatunya benar-benar pulih seperti sediakala."

"Kita juga minta seluruh pelayanan publik agar berjalan normal dan optimal," ujarnya.

Baca juga: Update Banjir Bandang, 2 Jenazah di RSUD Tanah Datar dan 3 Jenazah di RSUD Sijunjung Belum Teridentifikasi

Audy mengawali rangkaian kunjungan tersebut ke posko bencana di Duku Utara, dan kemudian berpindah ke Puskesmas Tarusan, Kabupaten Pessel.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: