OJK Sumbar Gelar Edukasi dan Literasi Keuangan di Nagari Tertinggal

Selasa, 09 Agustus 2022, 20:50 WIB | Bisnis | Kab. Padang Pariaman
OJK Sumbar Gelar Edukasi dan Literasi Keuangan di Nagari Tertinggal
Kepala OJK Sumbar, Yusri memberikan sambutan pada Edukasi dan Literasi Keuangan digelar di Laga-laga Korong Sungai Pua Nagari Koto Dalam Barat Kecamatan Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman, Selasa.

PADANG PARIAMAN (9/8/2022) - Kantor OJK Provinsi Sumatera Barat bersama PT Bank Nagari dan PT Asuransi Jasindo Cabang Padang menyelenggarakan Edukasi dan Literasi Keuangan kepada perangkat nagari dan masyarakat Nagari Koto Dalam Barat.

Edukasi dan Literasi Keuangan digelar di Laga-laga Korong Sungai Pua Nagari Koto Dalam Barat Kecamatan Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman, Selasa.

"Edukasi dan Literasi ini sengaja digelar di Nagari Koto Dalam Barat, karena daerah ini merupakan salah satu nagari tertinggal di Sumatera Barat berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM)," ungkap Kepala OJK Sumbar, Yusri, dalam pernyataan tertulis yang diterima.

IDM ini merujuk kriteria yang ada dalam Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia No 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun.

Baca juga: Angker! Tak Ada Lagi yang Berani Tinggal di Desa Ini, Warganya Tertimbun Longsor Padang Pariaman

Dimana, terdapat tiga indeks yang berperan sebagai dimensi dalam menyusun potret kemandirian desa, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Ekonomi dan Ekologi. Indeks ini menghasilkan lima klasifikasi status desa yaitu sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju, mandiri.

Acara diawali dengan sambutan Camat Padang Sago, Zamiarti, dilanjutkan dengan sambutan Kepala OJK Sumatera Barat, Yusri serta arahan dan pembukaan kegiatan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Rudi Repenaldi Rilis.

Acara ini juga dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Alfa Edison, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Padang Pariaman, Hendri Satria, Kepala Bagian Perekonomian Padang Pariaman, Mulyadi.

Dari PT Bank Nagari, hadir Kepala Divisi Kredit dan Mikro Banking, Sukardi, Kepala Cabang PT Bank Nagari Lubuk Alung, Zulfahmi dan Kepala Cabang Pembantu PT Bank Nagari Sicincin, Masjidil Poro.

Baca juga: Wisata Sumbar: Air Terjun Seindah Ini Tak Ada yang Mengunjungi, Melewati Jalan Setapak Menembus Hutan

Materi dalam kegiatan edukasi kali ini adalah fungsi dan tugas OJK, perlindungan konsumen Sektor Jasa Keuangan, Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), waspada investasi ilegal serta Perencanaan Keuangan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: