50 UMKM Padang Pariaman Ikuti Pelatihan Pengolahan Cokelat, Difasilitasi TJSL PT AP II

Rabu, 29 November 2023, 10:30 WIB | Bisnis | Kab. Padang Pariaman
50 UMKM Padang Pariaman Ikuti Pelatihan Pengolahan Cokelat, Difasilitasi TJSL PT AP II
Ketua Dekranasda Padangpariaman, Yusrita Suhatri Bur, Plt Kadis DPMPTP, Rifki Monrizal, Manager of Finance & Human Resource BIM, M Ikhbar Sungkar foto bersama dengan peserta pelatihan pengolahan kakao, di Gessikmen Padang Pariaman. (istimewa)

PADANGPARIAMAN (29/11/2023) - Sebanyak 50 orang peserta ikuti pelatihan pengolahan biji kakao jadi komoditi unggulan di Gedung Serbaguna Sentra Industri Kecil dan Menengah (Gessikmen) Padang Pariaman.

"Semoga, pelatihan pengolahan biji kakao ini dapat menambah wirausahawan baru khususnya di bidang pengelolaan produk cokelat," harap Ketua Dekranasda Padangpariaman, Yusrita Suhatri Bur dalam pernyataan tertulis yang diterima, Rabu.

Pelatihan yang diinisiasi PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Internasional Minangkabau itu, menghadirkan owner Malibou Cokelat sebagai trainer, Hj Netty P Simamora yang juga Ketua UMKM Padang Pariaman.

Pelatihan pengolahan biji kakao hasil kolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padang Pariaman dalam tajuk program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ini, digelar salama dua hari, tanggal 27-28 November 2023.

Baca juga: Angker! Tak Ada Lagi yang Berani Tinggal di Desa Ini, Warganya Tertimbun Longsor Padang Pariaman

Pada pembukaan pelatihan, juga hadir EGM AP II diwakili Manager of Finance & Human Resource, M Ikhbar Sungkar, Plt Kadis DPMPTP, Rifki Monrizal, Kadis Dagnakerkop dan UKM, Jon Kenedi, Kabid Bina Industri, Trisna Junaili dan Kabid UMKM, Ade Mahriyal.

Sementara, Plt Kadis DPMPTP, Rifki Monrizal mewakili Bupati Padangpariaman dalam sambutannya menyebutkan, komoditas kakao merupakan produk unggulan yang perlu dikelola dengan baik, mulai dari industri hulu sampai hiliriasasinya.

Produk Unggulan Padang Pariaman

Cokelat Malibou, merupakan olahan cokelat murni produk unggulan kabupaten Padang Pariaman. Terdiri dari produk cokelat Bubuk 3 In 1, Cokelat Batang, Permen Colekat dan Biji Kakao Murni/NIB

Baca juga: Wisata Sumbar: Air Terjun Seindah Ini Tak Ada yang Mengunjungi, Melewati Jalan Setapak Menembus Hutan

Cokelat Malibou ini sudah dirintis sejak 6 tahun lalu. Sebelumnya, bermama Adam Cokelat. Pemilihan nama Malibou, karena faktor lokasi produksi yang berlokasi di Malibou Anai, Padang Pariaman. Di lokasi ini, juga dilengkapi dengan gerai pemasaran.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: