Rakernas II PHRI Digelar di Padang: Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Sektor Pariwisata, PHRI: Sumatera Barat Potensi jadi Penggerak

Rabu, 09 Februari 2022, 18:10 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Rakernas II PHRI Digelar di Padang: Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Sektor Pariwisata,...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan arahan tentaang potensi pariwisata Ranah Minang pada jamuan makan malam bersama pengurus PHRI se-Indonesia di auditorium gubernuran Sumbar, Selasa. (humas)

Mahyeldi memaparkan, beberapa potensi wisata Sumbar yang saat ini tengah menjadi perhatian yakni pengembangan wisata berbasis nagari (desa wisata) yang jumlahnya mencapai 300 nagari. Beberapa di antaranya meraih penghargaan nasional dari kementerian pariwisata sebagai desa wisata terbaik.

Selain itu, tambah Mahyeldi, juga akan ada pembenahan jalur kereta api ke Kota Sawahlunto sebagai salah satu daerah dengan potensi wisata sejarah yang menjadi warisan dunia.

"Sejalan dengan itu, Pemprov Sumbar melalui OPD terkait juga akan membenahi berbagai sarana dan fasilitas pendukung, sehingga Tahun 2023 nanti kita akan meluncurkan Visit Beautiful West Sumatra," terangnya.

Baca juga: Sumbar Gagas Gerakan Tabungan Pajak, Ini Tujuannya

"Semangat sinergi dan kolaborasi jadi dasar karena memang tidak bisa dilakukan sendiri dan perlu dukungan dari banyak pihak," sambung dia.

Prokes Ketat

Rakernas II PHRI Tahun 2022 ini, dihadiri perwakilan BPD PHRI dari 26 provinsi. Ketua BPD PHRI Sumbar, Rina Pangeran mengatakan, kegiatan diawali dengan Rapimnas dan dilanjutkan dengan Rakernas.

Pelaksanaan Rakernas, menurut Rina, juga sudah menerapkan Prokes ketat, dimana seluruh peserta wajib memiliki bukti tes PCR, lalu harus tes antigen kembali setelah berada di Sumbar.

"Alhamdulillah antusias kehadiran peserta ke Ranah Minang sangat tinggi. Peserta hadir dari 26 provinsi. Mohon dukungan penuh bapak gubernur, agar pariwisata kita pulih dan bangkit kembali," ucap Rina.

Turut hadir dalam jamuan makan malam Rakernas PHRI tersebut, Sekjen BPP PHRI Pusat, Maulana Yusran, tokoh perantau dan sejumlah kepala OPD dilingkup Pemprov Sumbar.

Jamuan makan malam ini juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Sakato, sebuah tari pasambahan kreasi dari Sanggar Seni Abai Sakato, Solok Selatan, yang mendapat aplaus dari peserta Rakernas. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: