Bukittinggi Dukung Rencana Perluasan Areal TPA Regional Payakumbuh

Senin, 13 September 2021, 21:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Dukung Rencana Perluasan Areal TPA Regional Payakumbuh
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Walikota Bukittinggi Erman Safar, Bupati Agam, Andri Warman, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Siti Aisyah, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Ka

BUKITTINGGI (13/9/2021) - Pemerintah Kota Bukittinggi, mendukung penuh rencana Pemprov Sumatera Barat untuk melakukan perluasan areal cell landfill Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional Payakumbuh.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar saat melihat langsung kondisi TPA Regional Payakumbuh bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Senin.

Kunjungan dilakukan atas hasil rapat pembahasan kondisi TPA regional Payakumbuh dan upaya penanganan yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Sumbar di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Ahad (12/9/2021) malam.

Erman Safar menyampaikan, perlunya langkah cepat harus diambil Pemprov Sumbar maupun pemerintah kabupaten/kota yang memanfaatkan TPA Regional Payakumbuh, untuk menghindari ancaman longsor sampah di lokasi karena over capacity.

Baca juga: 280 Penyandang Disabilitas Bukittinggi Dibantu Paket Sembako

"Kita sudah lihat kondisi di lapangan langsung dan mendukung langkah strategis gubernur beserta Pemprov Sumbar yang berencana untuk melakukan perluasan areal cell landfill serta perbaikan dan penambahan membran sementara untuk TPA tersebut," ujar Erman.

Ia juga menyampaikan, Pemko Bukittinggi akan selalu melakukan sinergitas dengan Pemprov Sumbar serta pemerintah kabupaten/kota lainnya dalam menyikapi persoalan ini.

Diketahui, selama ini Pemko Bukittinggi telah bekerjasama dengan Pemprov Sumbar dalam hal pembuangan sampah ke TPA Regional Payakumbuh.

Setidaknya 124 ton per hari sampah dari Bukittinggi, didistribusikan ke TPA yang berlokasi di Padang Karambia, Kota Payakumbuh.

Baca juga: Bukittinggi Gelar HKG PKK Tahun 2024, Ini Pesan Wali Kota

Kapasitas sudah Berlebih

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: