Bukittinggi Dukung Rencana Perluasan Areal TPA Regional Payakumbuh

Senin, 13 September 2021, 21:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Dukung Rencana Perluasan Areal TPA Regional Payakumbuh
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Walikota Bukittinggi Erman Safar, Bupati Agam, Andri Warman, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Siti Aisyah, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Ka
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Sementara, Mahyeldi menyebutkan, peninjauan tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Padang Karambia, Kota Payakumbuh merupakan kelanjutan dari rapat kerja yang membahas rencana perluasan kawasan TPA yang mengalami masalah over capacity, sehari sebelumnya.

Rencana pembangunan cell landfill baru yang akan dilakukan seluas 2.7 hektar. Sehingga, total luas areal TPA menjadi 5.3 hektar.

"Dengan perluasan ini diperkirakan TPA akan mampu memenuhi kebutuhan penampungan sampah untuk lima hingga tujuh tahun ke depan," ungkap Mahyeldi.

Baca juga: 280 Penyandang Disabilitas Bukittinggi Dibantu Paket Sembako

Dikatakan Mahyeldi, pemerintah provinsi, Kota Bukittinggi dan Payakumbuh serta Kabupaten Agam dan Limapuluh Kota secara bersama-sama akan meminta dukungan dari pusat untuk menanggulangi persoalan TPA di Payakumbuh ini.

Anggaran perluasan senilai Rp34 miliar, akan digunakan untuk pembangunan cell landfill dan reservoir. Selain itu, juga akan minta dukungan juga dari pusat.

"Perluasan TPA, nantinya juga akan membebaskan 1 hektar lahan bekas longsoran sampah yang sudah diganti pada tahun 2017 lalu. Areal ini nanti akan dijadikan buffer zone," tegasnya.

Meninjau TPA ini, turut hadir juga Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Walikota Bukittinggi Erman Safar, Bupati Agam, Andri Warman, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Siti Aisyah, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang, Fathol Bari, Kepala Balai PPW Wilayah Sumbar, Kusworo Darpito dan OPD terkait. (ham/rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: