Dinkes Bukittinggi Gelar IVA Test, Pemeriksaan Payudara Klinis dan MKJP

Kamis, 29 Agustus 2024, 05:15 WIB | Gaya Hidup | Kota Bukittinggi
Dinkes Bukittinggi Gelar IVA Test, Pemeriksaan Payudara Klinis dan MKJP
Ketua TP PKK Bukittinggi, Fiona Agyta didampingi Linda Feroza (Kadinkes) foto bersama usai pembukaan Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Poltekes Kemenkes Prodi Kebidanan Kota Bukolittinggi, Rabu. (hamriadi)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (28/8/2024) - Dinas Kesehatan Bukittinggi gelar Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Kegiatan ini juga dibarengi dengan pemeriksan payudara klinis serta pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang.

"Gebyar IVA Tes, Sadanis dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi wanita dalam program skrining kanker serviks dan kanker payudara," ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Linda Feroza mewakili wali kota.

Hal itu disampaikannya, saat membuka kegiatan yang berlangsung di Poltekes Kemenkes Prodi Kebidanan Kota Bukolittinggi, Rabu.

Kegiatan ini diikuti 110 orang sasaran IVA Tes dan sadanis dari 7 Puksemas Kota Bukittinggi .

Kemudian, 30 orang sasaran peserta KB Jangka Panjang (baik itu IUD maupun IMPLAN).

Ketua TP PKK Bukittinggi, Fiona Agyta menyampaikan, Kota Bukittinggi pada tahun 2023, angka kunjungan deteksi dini kanker serviks sebanyak 344 wus (1.6%) dari 20.880 wanita usia subur.

"Dari angka tersebut dapat kita lihat, masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini," ungkap Fiona.

Gebyar IVA tes, sadanis dan pelaksananan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), terangnya, merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bukittinggi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini kanker leher rahim. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: