Perumda Air Minum Padang Raih Tiga Penghargaan di Ajang Top BUMD Awards 2021

Sabtu, 11 September 2021, 19:37 WIB | Bisnis | Kota Padang
Perumda Air Minum Padang Raih Tiga Penghargaan di Ajang Top BUMD Awards 2021
Dirut Perumda AM Padang, Hendra Pebrizal bersama Hendri Septa (Wako Padang), usai menerima penghargaan TOP AWARDS 2021 kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini dilaksanakan di Raffless Hotel Jakarta, Jumat malam. (humas)

"Kita bertekad, bagaimana ke depannya Perumda Air Minum Kota Padang terus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, terutama dalam penyediaan dan peningkatan pelayanan air bersih. Begitu juga profit oriented untuk Kota Padang," pungkasnya.

Peran BUMD Penting

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam sambutannya mewakili Presiden RI mengatakan, peran BUMD sangatlah penting untuk jadi mitra serta menaikan aktifitas usaha didaerah. Menurut dia, sinergi BUMN dan BUMD, perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

Baca juga: Program Semata Masuki Tahun Keempat, Hendri Septa; Anggaran Bedah Rumah Naik jadi Rp40 Juta

"Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, diperlukan. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat," tegas Erick.

Ia mengatakan, setelah terdampak Covid19, kini ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan. Saat ini, ada 10 provinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

"Usaha dan inisiatif dari pusat, tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dalam hal ini, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah," ujarnya.

Sementara, Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian menilai, TOP BUMD Awards akan membuat BUMD terus terpacu untuk meningkatkan kinerja dan layanannya.

"Sinergi yang saling menguntungkan antara BPD dan BPR, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembiayaan UMKM di daerah. Mereka tidak perlu bersaing antar-sesama BUMD, namun justru bersinergi untuk saling menguatkan. Selain itu, BPD juga harus mendukung pengembangan bisnis BUMD-BUMD sektor lainnya," harap Tito dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Balitbang Kemendagri, Agus Fathoni.

Mendagri juga menekankan pentingnya peran kepala daerah untuk terus membina dan mengarahkan BUMD. Agar, BUMD terus meningkat kinerja dan layanannya untuk membangun daerah sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru.

"Jika BUMD diintervensi secara tidak proporsional, maka akan menghambat pertumbuhan kinerja dan layanan BUMD. Intervensi, harus dilakukan secara positif, untuk mendukung BUMD," tukasnya

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: