Bantuan untuk Warga Terdampak Covid19: Payakumbuh Sediakan 44 Ribu Paket Sembako, Dapur Umum dan Gratiskan Tagihan PDAM

Kamis, 16 April 2020, 19:03 WIB | News | Kota Payakumbuh
Bantuan untuk Warga Terdampak Covid19: Payakumbuh Sediakan 44 Ribu Paket Sembako, Dapur...
Wako Payakumbuh, Riza Falepi menguji coba tempat cuci tangan (wastafel) di bawah kanopi Pasar Pusat Pertokoan Payakumbuh, Selasa (14/4/2020). Wastafel ini sudah ada sejak 2017, namun terkendala debit air yang lemah. Di masa pandemi ini, wastafel itu diakt

VALORAnews - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengonfirmasi, telah menyediakan bantuan untuk 44.000 warga terdampak pandemi Virus Corona (Covid19). Warga calon penerima bantuan paket Sembako ini, merupakan kelompok masyarakat dengan penghasilan tidak tetap.

Selain itu, juga didirikan dapur umum untuk warga tidak mampu. Lokasi dapur umum di dekat Tugu Adipura, Kota Payakumbuh dengan penanggungjawab Dinas Sosial. Juga digratiskan tagihan PDAM selama dua bulan pada 6.606 pelanggan terhitung April dan Mei 2020.

"Yang paling utama, kita harus selamatkan dulu kebutuhan masyarakat. Jangan sampai ada yang terlantar akibat Covid19 ini," terang Riza Falepi di Payakumbuh, Kamis (16/4/2020).

Menurut dia, imbas Covid19, telah mengharuskan warga untuk lebih banyak di rumah sekaligus melakukan sosial distancing. Kebijakan ini ternyata diikuti dampak ekonomi. Semua paket bantuan yang digagas itu, terangnya, ditujukan untuk meringankan beban warga karena terdampak secara ekonomi.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

"Dinas Sosial mendirikan dapur umum dekat Tugu Adipura untuk masyarakat yang kurang mampu mulai Kamis ini," ucap Riza, wali kota dua periode itu.

Sebelumnya, sebagai upaya mencegah penyebaran corona dan antisipasi dampak wabah Virus Corona, Pemko Payakumbuh telah menganggarkan dana sebanyak Rp40 miliar. (Baca:Payakumbuh Sediakan 40 Miliar untuk Tangani Dampak Covid19, Riza: DPRD Telah Setuju)

Dana itu akan digunakan untuk pengadaan alat kesehatan senilai Rp8,5 miliar dan selebihnya untuk bantuan sembako bagi masyarakat terdampak situsi Covid19. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: