Pasar Tani Salingka Kampus, Wujud Semangat Berbagi Koperasi MDM Unand

Rabu, 18 Maret 2020, 15:18 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Pasar Tani Salingka Kampus, Wujud Semangat Berbagi Koperasi MDM Unand
Sejumlah produk yang ditawarkan pada Pasar Tani Salingka Kampus, Rabu (18/3/2020) pukul 08.00-16.00 WIB di Kafe Uniang Kamek, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand) di Kampus Limau Manis, Padang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Koperasi yang di dalam penyelenggaraannya terkandung prinsip-prinsip solidaritas dan bergotong royong dengan melibatkan seluruh anggotanya secara aktif dan partisipatif, sesungguhnya juga menjadi tandingan atau alternatif dari sistem ekonomi liberal yang kapitalistik selama ini.

Ketika krisis kapitalisme terjadi akibat penyebaran virus corona atau pandemi global Covid-19, maka langkah berikutnya bukanlah kembali ke kapitalisme yang mungkin bermetamorfosis. Namun, harus mulai melangkah ke koperasi yang di dalamnya tidak hanya berdimensi ekonomi, namun juga politik, dan budaya dalam membangun kehidupan sosial yang lebih baik di Indonesia.

Melanggar Social Distancing?

Penyelenggaraan Pasar Tani Salingka Kampus ini dikhawatirkan justru melanggar social distancing, terang Virtous, sesungguhnya justru menjadi salah satu bentuk ujian apakah itu bisa dipraktikkan atau tidak oleh masyarakat.

Selain itu, penyelenggara Pasar Tani Salingka Kampus juga sudah mengantisipasi kekhawatiran itu dengan memilih lokasi yang tidak jauh atau kurang dari satu kilometer dari Rumah Sakit Unand yang memang menjadi salah satu rumah sakit rujukan dalam penanganan penyebaran virus corona atau pandemi global Covid-19 di Sumatera Barat.

"Semoga niat baik dan satu langkah kongkrit berkoperasi dan penciptaan pasar baru bagi masyarakat ini berkontribusi dalam berbagai sektor kehidupan sosial masyarakat di Kota Padang dan menyebar ke seluruh dunia," harap Virtuous yang juga Dosen HI FISIP Unand. (kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: