Personel Forum Batajau Seni Piaman Ngamen Biayai Iven Hari Jadi

Minggu, 08 Desember 2019, 20:15 WIB | News | Kota Pariaman
Personel Forum Batajau Seni Piaman Ngamen Biayai Iven Hari Jadi
Salah satu sanggar yang tergabung dalam Forum Batajau Seni Piaman, memainkan gendang tasa di Simpang Tabuik, Kota Pariaman, Ahad (9/12/2019). (istimewa)

VALORAnews - Para penggerak Forum Batajau Seni Piaman, ngamen di Simpang Tabuik Kota Pariaman, pada Sabtu dan Ahad (8-9/12/2019). Ngamen massal ini digelar, dalam rangka menggalang dana untuk menutup biaya hari jadi organisasi yang berdiri 28 Desember 2018 lalu itu.

Ketua Panitia HUT Batajau Seni Piaman, Ramidi mengatakan, ngamen ini diikuti sejumlah sanggar yang tergabung dalam Forum Batajau Seni Piaman.

"Tujuannya ngamen ini untuk mengumpulkan donasi bagi penyelenggaraan HUT. Di sini kita juga sekaligus ingin memperdekat jarak antara seni tradisi Minang dengan masyarakat," katanya.

Lokasi penyelenggaraan ngamen masal mengambil tempat di sejumlah titik strategis di Kota Pariaman. Terbaru, kegiatan di gelar di seputaran Tugu Tabuik. Ramidi menjelaskan, kegiatan HUT nantinya akan bertemakan "Basaba Manaruko."

Baca juga: Forum Batajau Seni Piaman Buka Bursa Tuan Rumah untuk Iven 2021, Ini Empat Prinsipnya

"Basaba adalah akronim dari Batajau Satahun Bajalan. Sementara, Manaruko artinya meneroka atau membuka jalan baru," kata pemuda yang biasa di panggil Kitiang ini.

Selain ngamen masal, pencarian dana bagi penyelenggaraan HUT juga dilakukan lewat proposal pada sejumlah badan usaha serta perantau. "Forum Batajau Seni Piaman menolak bantuan dengan embel-embel politik praktis. Apalagi sekarang mau Pilkada serentak," tegas Ramidi yang menyatakan sejak semula forum ini berdiri, selalu menolak bantuan sponsorship berkaitan politik praktis.

"Lebih baik kami ngamen. Politik ada ruangnya. Kami masing-masing insan Batajau Seni punya pilihan politik sendiri-sendiri. Justru karena menghormati pilihan yang berbeda itulah, makanya kami tidak bawa-bawa urusan politik ke kegiatan kami," tegasnya.

Ngamen masal akan berlangsung setiap Sabtu dan Minggu hingga hari H pelaksanaan hari jadi. Jadi, bertambah pulalah alasan orang untuk berwisata ke Piaman. Yakni untuk menyaksikan seni tradisi di kota Tabuik tersebut.

Baca juga: Kerjasama dengan Forum Batajau Seni Piaman: Seribuan Warga Padati Hari Jadi Sanggar Rangkiang Palito

Sementara itu, Penanggung jawab HUT, Arizona mengatakan, kegiatan akan dipusatkan di lapangan Pemuda Koto Mambang. "Di sana, nanti kita akan set sebagai lokasi pameran, diskusi serta pertunjukan seni," sebut pria yang juga merupakan ketua sanggar Baringin Sati tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: